Bantuan Kube Lansia dan WRS Tahun Ini Segera Disalurkan

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Sosial (Dinsos), tahun 2019 segera menyalurkan sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Wanita Rawan Sosial (WRS) dan Wanita Lanjut Usia (Lansia).

Kepala Dinas sosial Boltim, Rudi S Malah, kepada awak media, Senin (15/4/2019) memastikan bahwa tahun ini pemberian dan penyaluran bantuan Lansia dan Kube.

“Kita berikan bantuan KUBE ke-30 kelompok dengan anggaran 600 juta dari APBD yang terbagi di seluruh kecamatan. Untuk setiap kelompok mendapatkan 20 juta. Penyaluran kita sesuaikan dengan permintaan kelompok di antaranya alat pembuat kue, alat perbengkelan dan alat tukang jahit. Minimal satu kelompok 10 orang. Untuk penyaluran kemungkinan bulan depan,” jelas Rudi di ruang kerjanya.

Bantuan untuk rawan sosial kata Rudi, akan diberikan berupa mesin jahit 4 buah untuk empat kelompok dan empat kelompok perbengkelan dengan peralatan bengkel. “Total dananya Rp 85 juta. Yakni 4 mesin jahit dan empat kelompok perbengkelan (alat bengkel),” kata Rudi.

Sedangkan untuk bantuan lanjut usia (Lansia) sebesar Rp 1 juta per satu orang lansia. Rencananya akan disalurkan awal Mei 2019 mendatang. “Jika sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, maka diberikan lagi Rp 1 juta. Setahun dua kali kita berikan bantuan kepada lansia. Totalnya Rp 2 juta dalam setahun,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk jumlah data lansia ada sekitar 1500 orang. Dalam setahun jumlah anggaran bantuan Rp 3 miliar. Aturannya, untuk mendapatkan bantuan, lansia harus mempunyai KTP, selanjutnya membuat rekening.

“Penyaluran bantuan melalui rekening masing-masing lansia. Saya imbau, jika mendapatkan bantuan dari pemerintah, maka manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya jangan dijual,” pinta Rudi. (Agung)

Komentar