Badan Siber dan Sandi Negara Uji Tiga Aplikasi Diskominfo Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan uji keamanan (security assessment) terhadap tiga aplikasi website yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (30/3/2021)

Menurut Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Bolmong Sutoyo Paputungan, tiga aplikasi web yang diuji tersebut yakni masing–masing Bolmongkab.co.id, e-Dokumen dan Email Bolmong.co.id.

“Masing-masing penguji dari BSSN memegang 1 aplikasi. Tiga aplikasi ini akan diuji apakah ada celah atau tidak. Kita juga nantinya akan diberitahu apa saja celahnya sekaligus diberikan solusi untuk penyempurnaan aplikasi supaya tidak mudah dibobol heacker,” jelasnya.

Menurutnya, kabupaten Bolmong merupakan satu-satunya Kabupaten di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang di uji websitenya oleh BSSN.

“Entah dari segi apa Bolmong yang dipilih untuk diuji aplikasinya. Tapi jauh sebelumnya hubungan antara Pemkab Bolmong dan BSSN sudah intens. Buktinya pada tahun 2017 lalu Bolmong satu-satunya di Sulut yang sudah ada Jammer atau pengacak sinyal. Pengacak sinyal ini berguna untuk digunakan dalam rapat-rapat penting,” akunya, sembari menambahkan, dengan adanya asessment dari BSSN tersebut, bisa diketahui seberapa besar keamanan yang ada pada sistem aplikasi yang dibuat Diskominfo Bolmong. (ino)

Komentar