Pj Wali Kota Asripan Nani Resmikan Rumah Layak Huni di Kecamatan Kotamobagu Timur

BOGANINEWS , KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Drs Asripan Nani, Selasa (23/1/2024) meresmikan Rumah Layak Huni dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR di Kelurahan Tumobui, dan Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur.

Peresmian Rumah Layak Huni ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, di Kelurahan Tumubui sekaligus pemasangan Peneng stempel papan BSPS di depan Rumah penerima di desa Kobo Kecil

Pj Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani dalam sambutannya mengatakan jika anggaran pembangunan Rumah Layak Huni ini bersumber dari anggaran Kementrian PUPR anggaran APBN tahun 2023, BSPS melalui Balai Perumahan Provinsi Sulawesi Utara dan dana dari APBD Perubahan tahun 2023.

“ Alhamdulillah, terimakasih kepada pemerintah Pusat dan Provinsi melalui Kementerian telah memberikan bantuan BSPS kepada masyarakat di Kotamobagu. Saya merasa senang melihat masyarakat yang menerima bantuan Rumah Layak huni ini. Sebab, rumah sekarang sudah merupakan kebutuhan Primer manusia yang sangat dibutuhkan untuk tinggal berkehidupan,” ucap Asripan Nani.

Terkait bantuan itu, Pj Wali Kota berharap semua elemen dan stakeholder untuk bersinergi bersama dalam membantu masyarakat kurang mampu, untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

“Terkhusus di Kotamobagu masih ada kurang lebih 10 ribuan rumah yang tidak layak huni. Sehingga itu, perlu adanya sinergitas antar sesama, agar kita bisa membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrim,” ajak Pj Wali Kota.

Ia juga memprogramkan dan mengoptimalkan fungsi Basnaz.

“Kedepannya jika ada program pengumpulan zakat, maka bisa disisihkan untuk bantuan pembangunan rumah tidak layak huni atau beri bantuan yang sifatnya produktif,” pinta Asripan Nani.

Senada yang dikatakan Kepala Balai Penyedia Perumahan Sulawesi I, Reky Lahope, mengapresiasi Pemerintah Kotamobagu atas dukungan supportnya hingga peresmian Rumah Layak Huni tersebut dapat terwujud.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kota Kotamobagu, karena boleh menjadi daerah pertama di Sulawesi Utara yang melaksanakan peresmian Rumah Layak Huni ini. Terimakasih pak penjabat Walikota dan masyarakat atas kerjasamanya,” aku Reky Lahope.

Sementara itu penerima Rumah Layak Huni Bapak Muslimin Komangki Desa Kobo Kecil Mengucapkan Terimakasih syukurmoanto bahasa daerah Bolmong kepada pemerintah.

“Syukur Alhamdulillah atas pemberian bantuan rumah kepada saya dan sekeluarga, terimakasih pak Pj Wali Kota,” ucap Muslim.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Kementrian PUPR melalui Balai Penyedia Perumahan Sulut I, PUPR Kotamobagu, dan jajaran Forkompinda. (Advetorial)

Reporter Agung Mokodompit

Komentar