Jiwa Kepemimpinan Arman Lumoto, Lahir Sejak Masih Aktivis

BOGANINEWS, BOLMUT – Sosok Arman Lumoto, merupakan figur yang sudah sangat dikenal oleh semua kalangan khususnya di wilayah Bolaang Mongondow Utara. Sejak dirinya berkecimpung di dunia politik, nama Arman Lumoto, terus melejit dan banyak di intai oleh sejumlah Partai Politik (Parpol).

Jiwa kepemimpinan yang dimiliki Arman Lumoto, sudah terlihat sejak dirinya terjun sebagai aktivis mahasiswa. Bahkan, ia pernah menjadi pengurus Komisariat HMI USTS Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Pada tahun 2009 lalu, Arman Lumoto sempat lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Gorontalo. Namun entah mengapa, ia memutuskan untuk tidak mengabdi sebagai PNS, tapi lebih memilih ke jalur politik.

Menurut penuturan Arman, pada tahun yang sama yakni 2009, dirinya juga terpilih sebagai anggota DPRD Bolmut, lewat Partai Amanat Nasional (PAN). Dengan mengambil sikap untuk terjun di dunia politik, Arman pun mulai meniti karir politiknya yang berawal sebagai Sekretaris DPC PAN Kaidipang, kemudian menjadi Sekretaris DPD PAN Bolmut, hingga jabatan saat ini di partai sebagai Wakil Ketua Majelis Penasehat Partai Daerah (MPPD) PAN Bolmut.

Tak hanya itu, Arman juga sempat menceritakan sekilas perjalanan karirnya sebelum menjadi politisi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmut, dan juga bakal calon kandidat Wakil Bupati Bolmut pada Pilkada 2018.

“Saya pernah menjadi Sekretaris Pondok Pesantren Al-Huda Gorontalo, Wakil Kepala Madrasah Tsanawiyah Al- Huda Gorontalo dan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Gorontalo,” aku Arman. Selain itu katanya, dirinya juga pernah menjadi tim perumus mutu pendidikan Pondok Pesantren, serta anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Gorontalo.

Arman juga mengaku sempat terjun kedunia akademisi, sebagai Dosen Luar Biasa di IAIN Alaudin Gorontalo, Dosen Luar Biasa Universitas Muhamadiyah Gorontalo (UMG), Dosen Luar Biasa Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK), Dosen Luar Biasa Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado dan Dosen Luar Biasa Budi Mulia Kotamobagu.

Saat ditanya, apa yang menjadi motivasinya untuk maju di Pilkada Bolmut, ia mengaku memiliki cita – cita besar untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat Bolmut. “Berbagai profesi sudah saya lakoni, termasuk menjadi Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima. Saya sudah merasakan seperti apa penderitaan rakyat, karena Saya hidup dan berbaur dengan rakyat. Sehingga itu semua yang menjadi motivasi Saya untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat,” terang Arman.

Bagi Arman, masih banyak program-program yang belum tersentuh dengan maksimal, terutama yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Sehingga dirinya dan Karel Bangko (Bakal Calon Bupati) sudah berkomitmen, untuk melakukan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bolmut. “Ada banyak inovasi yang bisa kami lakukan untuk kepentingan rakyat dan daerah. Kita lihat saja nanti,” kata Arman dengan penuh keyakinan. (WaOne)

Komentar