KPU Boltim Gelar Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Paslon untuk Pilkada 2024

BOGANINEWS, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (paslon), Bupati dan Wakil Bupati, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pengundian nomor urut yang merupakan salah satu tahapan penting di pilkada oleh penyelenggara KPU, berlangsung di Aula lantai III Kantor Bupati Boltim di Tutuyan pada hari Senin (23/9/2024).

Mengawali sambutanya Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto, yang didampingi Komisioner KPU Boltim, masing-masing Divisi, Ikal Salehe, Wardoyo Elias, Nugroho Lasabuda, Adechilmi Abukasim, Sekretaris KPU dan Para Staf KPU Boltim, menyampaikan bahwa rapat pleno terbuka ini merupakan wujud transparansi dan akuntabilitas KPU dalam menyelenggarakan pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil.

“Setelah beberapa tahapan Pilkada yang telah dilaksanakan oleh KPU, hari ini kita masuk di tahapan Proses pengundian nomor urut Pasangan calon Bupati dan Wakil bupati. Pengundian nomor ini dilakukan secara terbuka dan disaksikan oleh berbagai pihak agar tidak ada keraguan mengenai keabsahan dan keadilan dalam proses ini,” ujar Rusmin Mamonto.

Penyelenggara KPU juga menghimbau setelah pengudian Nomor urut Paslon, maka Paslon, Tim Sukses juga para pendukung Masyarakat, agar untuk menggunakan hak pilih mereka pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Juga dengan bijak dan turut serta menjaga kondusivitas selama masa pemilihan berlangsung, agar tercipta pilkada yang aman damai dan sukses,” ujarnya.

KPU Boltim berharap dengan kegiatan ini, seluruh tahapan pemilihan dapat berjalan lancar dan damai, serta menghasilkan pemimpin yang amanah dan mampu membawa perubahan positif bagi Bolaang Mongondow Timur.

Pantauan media ini, usai sambutan Ketua KPU, dilanjutkan dengan penjelasan tentang mekanisme pengundian nomor urut.

Dimana, setiap paslon kemudian secara bergantian mengambil nomor undian untuk menentukan nomor urut mereka pada surat suara nanti.

Adapun dalam proses pengundian Nomor urut, pasangan Oskar Manoppo OPPO dan Argo Sumaiku AS (Oras), mendapatkan nomor urut 1, sedangkan pasangan Sam Sachrul Mamonto SSM dan Rusmin Mokoagow RM (Arus) memperoleh nomor urut 2.

Rapat pleno juga dihadiri Komisioner Bawaslu Boltim, Unsur TNI, Polri, Kedua Paslon, LO Parpol pengusung, beserta tim pendukung, serta sejumlah tokoh masyarakat, dan simpatisan.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar