KPU Bolmong Gelar Bimtek Aplikasi Sikadeka Untuk Pilkada bersama LO Paslon

BOGANINEWS, BOLMONG – Dalam rangka menyamakan persepsi dan memberikan pemahaman regulasi serta kebijakan terkait pelaksanaan Kampanye dan Dana Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Tahun 2024, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bolmong, melaksanakan Bimbingan Teknis, (Bimtek) Aplikasi sistem kampanye dan dana Kampanye untuk pilkada 2024, sekaligus Rapat Pra Pleno Penyusunan daftar pemilih tetap (DPT).

Kegiatan dibuka langsung oleh Plh Ketua KPU Bolmong Jalaludin Kosasi, pada Rabu, 18 September 2024, bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

“Tahapan Pilkada serentak sudah semakin dekat, kita KPU Bolmong melakukan agenda tahapan sosialisasi juga penguatan dan bimbingan teknis Aplikasi Sistem Kampanye dan Dana Kampanye pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Tahun 2024, atau kita sebut Aplikasi Sikadeka. Kami berharap seluruh LO masing-masing Paslon dapat mengikuti menyimak dan memahami Bimtek ini, terkait Aplikasi Sikadeka. Begitu juga bagi para PPK/PPS dapat mempersiapkan pra penyusunan daftar pemilih tetap (DPT).” pintanya.

Sementara, narasumber dalam Bimtek yakni anggota KPU Bolmong Divisi Penyelenggara, Alfian Buang Pobela menjelaskan kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi dan memberikan pemahaman regulasi serta kebijakan terkait pelaksanaan Kampanye dan Dana Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Tahun 2024.

Terpisah yang dikatakan Pimpinan Bawaslu Bolmong Akim Mokoagow Bawaslu melakukan pengawasan terkait pelaporan dana kampanye, sesuai peraturan undang undang.

“Dalam peraturan KPU dimana pengawasan terkait pelaporan dana kampanye, seperti uang barang dan jasa yang digunakan oleh Paslon parpol dan tim yang digunakan pada masa kampanyenya, ada namanya pelaporan LHDK, nah selanjutnya untuk aplikasi Sikadeka kita hanya sebatas mengakses dan pengawasan saja,” singkatnya.

Selanjutnya penyampaian materi terkait pengawasan dana kampanye pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 oleh Bawaslu, dilanjutkan Tanya Jawab yang dipandu oleh moderator, selanjutnya materi Regulasi dan Kebijakan Dana Kampanye Pemilihan Serentak Tahun 2024 oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, dan terakhir materi Bimbingan Teknis Aplikasi Sikadeka oleh Operator Sikadeka KPU Bolmong.

Kegiatan turut dihadiri oleh jajaran Hadir juga dalam kegiatan, Pimpinan Bawaslu Bolmong Akim Mokoagow, Komisioner KPU Bolmong, Narasumber, PPK/PPS, para LO masing-masing Paslon dan awak media.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar