KPU Bolsel Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS, Berikut Tahapannya

BOGANINEWS, BOLSEL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Jum’at (13/9/2024) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Persiapan perekrutan KPPS ini dalam rangka menghadapi pemilihan umum Gubernur, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolsel, yang jatuh pada 27 November 2024 mendatang.

Kegiatan yang di gelar dua hari hingga Sabtu 14 September 2024 diikuti PPK dan PPS sekabupaten Bolsel yang terbagi dua sesi dalam satu hari. Hari pertama sesi pagi Bolaang Uki dan Siang Tomini, Posigadan. Sementara untuk Sabtu 14 September sesi pagi, Pinolosian helumo, serta sesi siang Pinolosian Tengah dan Pinolosian Timur.

Kepala Devisi Sosdiklik, Parmas dan SDM Marlia Lumali mengatakan perekrutan mulai 17 September. “Waktu kita tinggal 14 hari tolong di manfaatkan dengan baik untuk sosialisasi,”. Kata Marlia.

Dikatakannya, untuk pemihan umum tahun 2024 ini terjadi pengurangan TPS, sehingga tersisa 126 TPS yang tersebar di kabupaten Bolsel.

Marlia juga mengingatkan Perekrutan calon anggota KPPS harus dilakukan secara selektif jangan hanya mengutamakan keluarga dan kerabat. “Calon anggota KPPS harus memenuhi syarat dan memiliki keahlian yang mumpuni,”. tuturnya.

Ditegaskannya, perekrutan anggota KPPS harus memprioritaskan orang yang berdomisili didalam desa itu sendiri. “Calon anggota KPPS tidak terdaftar dalam partai politik, ini yang perlu diperhatikan dalam perekrutan nanti,”. Tegas Marlia.

Diketahui, berikut tahapannya: Pengumuman pendaftaran Calon Anggota KPPS 17 September 2924, Penerimaan pendaftaran Calon anggota KPPS 17 September, Penilaian administrasi calon anggota KPPS 18 September, Pengumuman hasil administrasi Calon anggota KPPS 30 September, Tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota KPPS 30 September, pengumuman hasil seleksi calon anggota KPPS 5 Oktober, penetapan Anggota 7 November, pelantikan 7 November 2024

Komentar