Bawaslu Boltim Awasi Tahapan Tes Kesehatan Bakal Calon Pilkada Serentak

BOGANINEWS, BOLTIM, SULUT – Bawaslu Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), melakukan pengawasan tahapan tes kesehatan bakal pasangan calon (Bapaslon) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 Bupati dan Wakil Bupati Boltim.

Diketahui, ada dua bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Boltim yang ikut dalam tes kesehatan yakni, Sam Sachrul Mamonto – Rusmin Mokoagow, dan Oskar Manoppo – Argo Sumaiku

Pemeriksaan kesehatan kepada para Paslon kandidat Bupati dan wakil bupati Boltim di pusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prov. Kandou di Manado selama tiga hari yang di mulai pada tanggal 30 Agustus sampai 2 September 2024.

Adapun pengawasan tahapan tes kesehatan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Boltim ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto, didampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Boltim Muhdi Pasma Beserta jajarannya turut dalam Pengawasan Tes Kesehatan Bapslon Bupati dan Wakil Bupati.

Kepada sejumlah awak media Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto saat berada di RSUD Prov Kandou, mengatakan pentingnya pemeriksaan kesehatan ini dalam memastikan kesiapan fisik dan mental calon-calon kepala daerah.

“Pemeriksaan kesehatan kepada Bakal calon merupakan rangkaian tahapan yang sangat krusial dan wajib diikuti oleh seluruh Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Boltim.

Pengawasan yang kami lakukan adalah untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian dan prosedur pemeriksaan kesehatan di RSUP Kandow Manado ini telah diikuti dengan baik serta sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujar Mutahir Mamonto.

Menurutnya tahapan ini penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Terkait itu pihaknya memantau langsung pelaksanaan pemeriksaan yang diikuti oleh dua Bapaslon kepala daerah.

“Kami berharap para bapaslon bisa mengikuti tahapan ini sesuai prosedur tahapan dan sebaik mungkin. Karena mereka adalah calon pemimpin dan harus sehat secara jasmani,” tegasnya.

Sementara itu Pihak Dirut RSUD Prov. Kandou mengatakan pemeriksaan masih akan berlanjut sampai hari terakhir. Karena masih ada Kandidat Bakal calon kepala daerah yang akan diperiksa,

“Total ada 21 item pemeriksaan yang akan dijalani paslon. Nah sudah ada sebagian kandidat Calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan. Tanggal 3 September kita sudah ada hasil pemeriksaan kesehatan nya, nah, selanjutnya kita akan berikan hasil itu ke KPU pada tanggal 4 September 2024,” Ungkap Dirut RSUD Prov Kandou Manado pada Sejumlah awak Media.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar