KPU Boltim Dampingi Kedua Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Jalani Pemeriksaan Kesehatan

BOGANINEWS, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Boltim Sulawesi Utara Sulut, melakukan pendampingan pemeriksaan kesehatan kepada Bakal Calon (Balon) Bupati dan wakil bupati Boltim yang merupakan syarat formil pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Pemeriksaan kesehatan kepada para Paslon kandidat Bupati dan wakil bupati Boltim di pusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prov. Kandou di Manado selama tiga hari yang di mulai pada tanggal 30 Agustus sampai 2 September 2024.

Pihak Dirut RSUD Prov. Kandou mengatakan pemeriksaan masih akan berlanjut sampe besok, karena masih ada Kandidat Bakal calon kepala daerah yang akan diperiksa,

“Total ada 21 item pemeriksaan yang akan dijalani paslon. Nah sudah ada sebagian kandidat Calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan. Tanggal 3 September kita sudah ada hasil pemeriksaan kesehatan nya, nah, selanjutnya kita akan berikan hasil itu ke KPU pada tanggal 4 September 2024,” Ungkap Dirut RSUD Prov Kandou Manado pada Sejumlah awak Media.

Ia mengatakan di hari pertama mulai masuk tahapan sosialisasi kepada seluruh calon kepala daerah, kemudian di lanjutkan dgn pemeriksaan rohani oleh Psikiater dan Psikolog, selanjutnya pemeriksaan penyakit dalam oleh tim dokter RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou.

“Sesuai jadwal, pada hari ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan laboratorium, Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang tergabung dalam tim, serta beberapa tahapan lainnya,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto, didampingi empat Komisioner lainnya, masing-masing Ikal Salehe, Adechilmi Abukasim, Wardoyo Elias dan Nugroho Lasabuda serta Sekretaris KPU Boltim Dolfie Kereh, mengatakan tahapan pemeriksaan kesehatan paslon berdasarkan PKPU nomor 10 tahun 2024 tentang perubahan atas PKPU nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan, untuk jadwal pemeriksaan kesehatan telah dimulai sejak tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2024.

Namun demikian tambahnya, untuk Rumah Sakit Umum Prov Kandouw sudah memulai pemeriksaan kesehatan paslon pada tanggal 30 Agustus sampai dengan tanggal 2 September 2024.

“Ini merupakan prosedur tahapan pilkada, usai mereka (Bakal calon) mendaftar di KPU pekan lalu, dan setelah dinyatakan lengkap dokumen nya, kedua paslon sudah kita serahkan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Prov Kandou Manado,” jelas Ketua KPU Boltim.

Ia juga menjelaskan ada 21 item pemeriksaan yang akan dijalani paslon.

“Terdiri dari 20 item pemeriksaan kesehatan dan ditambah 1 item lagi yakni pemeriksaan bebas narkoba oleh BNN. Namun demikian total pemeriksaan tersebut satu paket yang semuanya dilaksanakan di Rumah Sakit Prov Kandou Manado. Untuk hasil pemeriksaan kesehatan para bakal calon, akan diserahkan oleh pihak Rumah Sakit kepada kita KPU, apakah memenuhi syarat kesehatan,”terang Rusmin.

Lebih lanjut Ketua KPU Boltim menjelaskan prosedur hasil pemeriksaan kesehatan paslon akan diverifikasi dari tanggal 4 hingga 6 September 2024, kemudian lanjut dengan tahapan verifikasi administrasi disusul masa perbaikan jika ada kekurangan dalam dokumen persyaratan calon.

“Adapun penetapan calon dilakukan di tanggal 22 September disusul pengundian nomor urut pada esok harinya yakni tanggal 23 September, selanjutnya masuk tahapan kampanye dimulai tanggal 27 September sampai dengan 24 November 2024,” pungkasnya.

Tim LO Paslon Alul-Rusmin dan LO Oppo-Argo saat di hubungi mengatakan kondisi pasangan Bakal Calon kandidat ke-dua pasangan sangat baik dan sehat walafiat dalam menjalankan pemeriksaan kesehatan.

Dalam konferensi pers tersebut, juga dihadiri Oleh Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto, peserta Bakal Calon kandidat Bupati dan wakil bupati Boltim, Pasangan Sam Sachrul Mamonto (SSM) dan Rusmin Mokoagow (RM), Paslon Oskar Manoppo bersama Argo Sumaiku, Parpol LO, dan Pihak Dokter Spesialis pemeriksaan kesehatan RSUD Prov Kandouw Manado.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak Penyelenggara KPU Boltim dan Tim Dokter Pemeriksa Kesehatan Bakal calon masih standby di lokasi RSUD Prov Kandou Manado.

Reporter Agung Mokodompit

Komentar