Sejarah Tercipta! Aktrida Datungsolang Jadi Satu-satunya Perwakilan Kaum Perempuan di Pilkada Bolmut

BOGANINEWS, BOLMUT – Bakal calon wakil bupati Aktrida Datungsolang, menjadi satu-satunya perwakilan kaum perempuan yang akan maju di Pilkada Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2024.

Aktrida sendiri dipastikan maju di Pilkada Bolmut 2024, setelah dipinang bakal calon bupati Asripan Nani.

Tentu ini menjadi sejarah baru di Pilkada Bolmut, mengingat selama perhelatan Pilkada Bolmut sejak tahun 2008, 2013 dan 2018, belum pernah ada keterwakilan kaum perempuan yang memberanikan diri atau pun dilirik pada ajang lima tahun sekali itu.

Setidaknya, Aktrida mampu membuktikan diri sebagai representasi kaum perempuan yang memiliki hak yang sama untuk mengabdi di tanah kelahirannya.

“Selama ini belum ada seorang perempuan yang punya tekat dan niat yang kuat untuk maju sebagai kandidat. Untuk itu saya membawa suara kaum perempuan untuk maju bertarung di Pilkada Bolmut kali ini,” tegas Aktrida, Rabu (28/8/2024).

Ditegaskannya lagi, perempuan juga mempuyai hak yang sama dengan kaum pria, karena perempuan juga mempuyai hak berpartisipasi serta hak mengikuti proses politik lebih khususnya di Pilkada Bolmut 2024.

“Niat saya maju di Pilkada Bolmut kali ini tidak lain untuk mendorong kaum perempuan bangkit, karena saya berharap di era saat ini perempuan bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengabdi pada daerah yang kita cintai ini,” kata Aktrida.

“Kaum perempuan tidak lepas kodratnya sebagai ibu, namun sebagai perempuan juga harus dapat memberikan kontribusi nyata pada proses politik yang bisa memberikan yang terbaik bagi kalangan perempuan yang ada di Bolmut,” sambungnya.

Lanjutnya, sebagai anggota DPRD Bolmut dua periode, ia berharap bisa mengabdikan diri menjadi pelayan masyarakat yang lebih luas.

“Tentunya hal itu menjadi modal utama saya dalam mengekspresikan konsep serta gagasan kaum perempuan secara umum. Niat dan tekat saya maju sebagai bakal calon wakil bupati di Pilkada Bolmut 2024 ini, karena terus terang selama ini seolah-olah kaum perempuan tidak bisa bersaing atau berpeluang untuk bertarung dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah atau Pilkada,” kata Aktrida.

Padahal kata Aktrida, banyak kaum perempuan yang mempunyai kemampuan serta daya saing untuk mengikuti kontestasi politik sekelas Pilkada.

“Sayangnya belum ada keberanian selama ini. Untuk itu saya bertekad mengambil bagian pada Pilkada Bolmut kali ini,” ucap Mama Edo sapaan akrabnya.

Diketahui Asripan Nani dan Aktrida Datungsolang telah mengantongi B1KWK dari Partai Golkar, PAN, Gerindra, Nasdem dan PKS.

Berdasarkan informasi, pasangan yang dikenal dengan “ANDALAN BOLMUT” itu akan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut pada Kamis (29/8/2024) besok, pukul 13:00 Wita,.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar