Zonk Hari Pertama, Paslon Belum Ada yang Mendaftar di KPU Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 27 Agustus 2024, resmi membuka pendaftaran bagi Bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada serentak 2024, Bertempat di Aula BPU Kecamatan Tutuyan Kabupaten Boltim.

Tahapan tersebut dilaksanakan sesuai ketentuan Pasal 95 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota pada Pilkada serentak Tahun 2024.

Menurut Ketua KPU Rusmin Mamonto yang di dampingi Sekretaris KPU, dan jajaran Komisioner KPU Boltim Ikal Salehe, Adhecilmi Abukasim, Nugroho Lasabuda, dan Wardoyo Elias, mengatakan pembukaan pendaftaran Paslon bupati dan wakil bupati sesuai amanat udang undang peraturan KPU dalam tahapan Pilkada serentak, maka hari ini Selasa 27 Agustus telah dibuka pendaftarannya.

“Pendaftaran Paslon Bupati dan wakil bupati Boltim dibuka pada pagi hari ini Selasa pukul 08-30 WITA. namun di hari pertama dibukanya pendaftaran sampai degan di tutup pendaftaran pada sore ini Pukul 16-00 WITA, belum ada juga yang datang mendaftar,” bebernya.

Ia mengatakan pendaftaran Paslon Bupati dan wakil akan berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Selasa sampai tanggal 29 Agustus hari Kamis pekan depan.

“Besok kita akan buka pendaftaran pada pukul 08-00 WITA sampai degan 16-00 WITA, sampai hari Kamis 29 Agustus pekan depan,” jelasnya.

Adapun lanjutnya, untuk kesiapan kami penyelengara KPU, sudah siap menyambut Paslon yang akan mendaftar.

“KPU siap dalam tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran, verifikasi berkas Paslon sampai degan tahapan selanjutnya. Makanya kami libatkan pengamanan dari unsur TNI, Polri, dan dari Satpol-PP, Dinas Perhubungan dan dari Dinkes untuk kesehatan. Kami juga selalu gelar rapat dan koordinasi bersama terkait kesiapan dan Alhamdulillah tidak ada kendala dalam proses pendaftaran,” pungkas Rusmin Mamonto.

Kadiv Teknis Penyelenggara KPU Boltim Nugroho Lasabuda, pun membeberkan bahwasanya belum ada parpol atau Paslon yang mendaftar hingga saat ini.

Ia juga mengatakan, pihaknya siap untuk menerima dan menyambut Paslon yang mendaftar hari ini.

“Memang saat ini belum ada yang datang mendaftar, namun yang terkonfirmasi ke KPU Boltim besok dan lusa (Rabu 28 – Kamis 29 Agustus 2024 ada dari Liaison Officer atau LO salah satu paslon telah melapor ke KPU Boltim itu dari partai Demokrat besok katanya akan mendaftar ke kita sekura pukul 14.00 Wita. Dan dari Partai Nasdem kemungkinan pada hari Kamis 29 Agustus,” bebernya.

Sesuai tahapan penerimaan dan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2024, dilaksanakan mulai dari 27 Agustus dan akan berakhir 29 Agustus 2024.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar