Peringati HAN ke-40 Pemkot Kotamobagu Usung Tema ‘Suara Anak Membangun Bangsa

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu peringati Hari Anak Nasional (HAN) ke 40, degan mengusung tema ‘Suara Anak Membangun Bangsa’ yang dibuka langsung oleh Sekertaris Darah (Sekda), Sofyan Mokoginta

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) tersebut, berlangsung di Aula Rudis Wali Kota Kotamobagu pada Kamis (1/7/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, mewakili Pj Wali Kota Kotamobagu, menyampaikan, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang seharusnya dapat memperoleh dan menikmati haknya tanpa terkecuali, guna membantu tumbuh kembang agar kelak menjadi manusia yang berguna sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

“Peringatan HAN tahun 2024 tingkat Kota Kotamobagu, merupakan momentum untuk mengunggah keramahan serta kepedulian terhadap tumbuh kembang anak. Momentum peringatan ini, juga harus dijadikan sebagai pemicu semangat kita dalam memberikan perhatian kepada anak-anak sekaligus informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang pentingnya upaya membangun karakter melalui peningkatan kualitas pengasuhan kepada anak,” harapnya.

Tak lupa pula Sofyan mengajak para orang tua, keluarga seluruh elemen masyarakat, dunia usaha yang ada di Kotamobagu untuk turut bersama meningkatkan kualitas anak melalui pengasuhan yang berkualitas serta memberikan dukungan terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagaimana amanat UU Nomor 35 tahun 2024 tentang perlindungan anak.

“Anak-anak merupakan aset berharga dan penerus bangsa dan merupakan pilar utama dalam pembangunan masa depan, olehnya kita memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi, mendidik serta memberdayakan. Melalui peringatan ini, saya juga mengajak untuk dapat mengevaluasi sejauh mana upaya yang telah kita lakukan bersama dalam rangka memberikan komitmen terhadap kesejahteraan anak-anak kita yang ada di Kotamobagu, termasuk dalam menghadapi tantangan yang dihadapi anak-anak seperti kekerasan, eksploitasi serta akses terhadap pendidikan dan kesehatan yang layak,” jelasnya.

Kegiatan juga turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Kotamobagu, Sitti Fatmah Fitriana Nani Buhang, para Asisten pimpinan OPD serta anak-anak dari berbagai sekolah di Kota.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar