Pemdes Nuangan Barat, PMD dan Puskesmas Gelar Rembuk Stunting dan Bahas RKPDes Tahun 2025

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Nuangan Barat Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar musyawarah desa (Musdes) Rencana Kerja Program Desa (RKP Des) anggaran tahun 2025 dirangkaikan dengan Rembuk Stunting, bertempat di balai desa pada hari ini Kamis (1/8/2024).

Sangadi Nuangan Barat didampingi perangkat desa saat memimpin rapat RKP Des Tahun 2025 dan rembuk Stunting yang juga diikuti dari Tenaga Medis Puskesmas Nuangan, staf Kecamatan, dan pegawai dari dinas PMD, mengatakan Alhamdulillah kita bisa berkumpul lagi disini untuk membahas dua agenda penting.

“Dalam pembahasan penyusunan RKPDes ada beberapa rencana, rancangan program pemerintah desa untuk pembangunan berkelanjutan di tahun 2025. Pembahasan RKPDes tahun anggaran 2025 masukan dan usulan skala prioritas dalam pembangunan berkelanjutan di desa kami, semuanya di rampung dan disepakati untuk apa saja yang menjadi program kebijakan kerja di desa tahun depan,” ucap Sangadi Evendi Suangi SP,d. Kamis (25/7/2024).

Setelah pembahasan RKPDes tahun anggaran 2025, kata Sangadi kami melanjutkan membahas kesehatan masyarakat yakni Rembuk Stunting.

“Guna menekan angka Stunting di wilayah kami, perlu adanya pengawasan perencanaan dan penganggaran terkait Stunting.

Adapun pembahasan Stunting dan kesehatan masyarakat, seperti usulan kesehatan ibu dan anak, memberikan tambahan makanan tiap bulan di posyandu, Sanitasi dan air bersih, konseling gizi terpadu kunjungan ke rumah kepada ibu hamil dan bayi, jaminan perlindungan sosial’ BPJS balita dan ibu hamil, akte untuk bayi, Paud kotak P3k lengkap, pemeriksaan pasangan usia subur, alat pemeriksaan kesehatan gula kolesterol asam urat tensi timbangan, pemberian tablet tambah darah pada remaja Putri, aktifkan posyandu remaja, kader posyandu desa berperan aktif dalam kunjungan rumah,” jelasnya.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar