Musim penghujan Pemdes Nuangan Barat Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan dari Longsor dan Banjir

BOGANINEWS, BOLTIM – Fenomena La Nina musim penghujan atau Cuaca Ekstrem yang melanda Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), beberapa Minggu ini mengakibatkan banjir dan Longsor di Kecamatan Nuangan.

Curah hujan yang lebat, membuat masyarakat di Nuangan Barat di hadapkan degan Kondisi siap siaga rawan bencana.

Hal ini disampaikan Sangadi Desa Nuangan Barat Evendi Suangi SP,d bersama jajaran Perangkat Desa, agar masyarakat tetap waspada.

“Sudah dua pekan ini hujan melanda kabupaten Boltim, kemarin dikabarkan ada longsor di kecamatan Nuangan tepatnya di jalur desa Matabulu dan Jiko Belanga putus rusak parah. Nah selalu pemerintah saya mengajak masyarakat agar waspada dan mari kita bersihkan selokan dari sampah, agar tidak banjir. Bagi masyarakat yang tinggal di tepi gunung tebing jurang, sungai agar tetap berhati-hati dan selalu waspada dari longsor dan banjir,” harap Sangadi Minggu (14/7/2024).

Ia mengatakan tahun lalu juga hujan deras mengakibatkan air sungai meluap sampe ke pemukiman warga.

“Lalu kita pernah kena banjir, Alhamdulillah masih dibawah kendali dan aman, ini banyak kabar saudara kita di Gorontalo kena Banjir dahsyat,.mari kita berdoa agar selalu dijauhkan dari marah bahaya, dan selalu meningkatkan kewaspadaan,” pintanya.

Kami selaku Pemerintah Desa Nuangan Barat, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada.

“Tetap waspada, bagi wargaku yang berada di tepi sungai, dan di bawah kaki gunung agar selalu berhati-hati, karena musim penghujan bisa saja longsor dan banjir. Selalu koordinasi, dan kami juga sudah menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah jika terjadi bencana,” ujar Sangadi.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar