Resmi Dilantik, Ketua Bawaslu Boltim Berikan Pembekalan untuk PKD Pilkada 2024

BOGANINEWS, BOLTIM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pelantikan dan pembekalan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di beberapa kecamatan se Boltim, yang akan bertugas pada Pilkada 2024, Minggu (2/6/2024).

Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto, S.Kom., MPd, turun langsung memberikan pemahaman serta penguatan kelembagaan terkait tugas, wewenang, dan kewajiban seorang PKD untuk Kecamatan Kotabunan, Tutuyan, Motongkad, dan Kecamatan Modayag.

Ketua Bawaslu Boltim, Mutahir Mamonto, S.Kom.,MPd, memberikan pembelakan untuk PKD di Kecamatan Motongkad.
Ketua Bawaslu Boltim, Mutahir Mamonto, S.Kom.,MPd, memberikan pembelakan untuk PKD di Kecamatan Motongkad.

Dijelaskan Mutahir, jika tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) berbeda tensi dan kondisi dengan pemilihan umum (Pemilu) barusan. Dimana kata Mutahir, terkait tugas, wewenang, dan kewajiban PKD mengacu pada peraturan Bawaslu tentang Pemilu dan Pilkada.

“Jadi, tugas, wewenang, dan kewajiban kalian, yaitu bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan guna memastikan semua proses tahapan Pilkada 2024 berjalan sesuai amanat undang-undang,” ujar Mutahir.

“Yang rawan kalian akan alami selama bertugas di Pilkada itu adalah politik kepentingan. Nah ini berbeda tensi politik dengan Pemilu barusan yang hanya per wilayah daerah pemilihan,” lanjutnya.

Oleh sebab itu kata Mutahir, diperlukan pengawasan yang lebih. Dan jangan ada afiliasi kedekatan atau kepentingan dengan partai politik.

“Harus netral dan berperan sebagai PKD,” tegas Magister Pendidikan lulusan Universitas Negeri Manado (Unima) ini.

Setelah dilantik hari ini kata Mutahir, maka mulai hari ini juga, tugas, wewenang, dan kewajiban mengawasi seluruh proses tahapan melekat kepada PKD untuk melakukan pengawasan dan pencegahan pelanggaran proses Pilkada sampai selesai.

“Senjata kalian jika turun melakukan pengawasan adalah Laporan Harian Pengawasan (LHP). Nah ini setiap harinya dibuat dan direkomendasikan ke Panwascam dan ke Bawaslu. Maka dari itu pelajari dan pahami dengan baik tugas, wewenang, kewajiban yang harus kalian lakukan,” pinta Mutahir.

Tak hanya itu, Mutahir juga berpesan kepada seluruh jajaran Panwascam dan PKD agar bekerja dengan sepenuh waktu dan berpegang pada peraturan perundang-undangan Bawaslu.

“Sekali lagi saya ucapkan banyak selamat kepada kalian yang terpilih sebagai pengawas tingkat kelurahan desa. Bekerjalah sesuai aturan, junjung tinggi netralitas, integritas, dan tunduk patuh pada peraturan perundang undangan Bawaslu, dan tetap jaga kesehatan dan jaga kewarasan,” harap Mutahir.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar