Putra Totabuan Roni Kobandaha Latih Petani Dari Papua Cara Budidaya Tanaman Kakao

BOGANINEWS BOLMONG – Dinas Ketahanan pangan dan pertanian kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya, Bersama Kelompok Tani Orang Asli Papua (OAP) Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) cara budidaya tanaman Kakao langsung kepada ahlinya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pembukaan Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Sapa Dia Kota Kotamobagu pada Rabu,(19/06/2024) ini, dibuka langsung oleh Kepala dinas perkebunan Kabupaten Bolmong Ir Abdul Latif, M,Si yang dihadiri oleh Kordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Lolayan, Sugeha mokoginta S,ST, Kepala Bidang (Kabid) tanaman pangan dan Holtikultura Kabupaten Raja Ampat, Irjawati Abdulah, SP. Manager CSR PT JRBM Mohamad Rudi Rumengan, MM. Konsultan Ahli bidang Kakao PT JRBM Prof Roni Kobandaha. Konsultan Ahli bidang pupuk organik PT JRBM Robbyn S. Mamengko STP, MM, MP. Dan para peserta Bimtek Kelompok tani Orang Asli Papua (OAP).

Usai pembukaan kegiatan ini para peserta diberikan materi dasar tata cara budidaya tanaman Kakao oleh Prof Roni Kobandaha yang merupakan Konsultan Ahli dibidang Kakao PT JRBM, Serta pemberian motivasi terkait keberhasilan para petani kakao desa binaan lingkar tambang oleh Taufik Pontoh S,pt selaku community Relation Land Com dan media PT JRBM dan Kamaludin Pontoh selaku petani Cacao Desa Bakan, yang merupakan asisten utama Prof Kakao Roni Kobandaha.

Dalam kegiatan tersebut Para peserta selain mendapat materi dasar mereka juga mendapat kesempatan berkunjung langsung ke kebun milik petani Binaan PT JRBM yang terletak di desa bakan dan Matali Baru untuk belajar bagaimana tata cara melakukan sambung Samping tanaman Kakao yang kurang produktif dan juga belajar cara sambung pucuk bibit tanaman kakao.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 19 hingga 22 Juni 2024 ini, para peserta mendapat pendampingan langsung dari Ahli Kakao Putra asli Totabuan Prof Roni Kobandaha yang sudah berhasil mendampingi PT JRBM lewat Program CSR Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Desa lingkar tambang.

Dalam kegiatan Bimtek tersebut Prof Roni Kobandaha juga memberikan kata motivasi tanaman kakao yaitu ” Pelihara lah aku setelah aku besar aku akan memelihara kamu” ia juga berpesan kepada para peserta untuk serius belajar agar nanti ketika kembali ke daerahnya sudah dapat menularkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti kegiatan ini kepada para petani-petani yang lain di kabupaten Raja Ampat.

“Diharapkan, setelah mengikuti Bimtek selama Empat hari ini, para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh kepada para petani yang lain di wilayah masing-masing” harapannya

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Raja Ampat yang diwakili oleh Kabid Tanaman pangan dan Holtikultura Irjawati Abdulah SP, Sangat Berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Bolmong lebih khusus kepada Panita penyelengara Bimtek yang sudah memberikan pelayanan yang begitu baik selama kegiatan ini berlangsung.

“Atas nama pemerintah kabupaten Raja Ampat, kami sangat berterima kasih semoga kerjasama ini nantinya bisa berkelanjutan lewat program-program kegiatan yang lain.” Ungkapnya (DM/A)

Redaksi.

Komentar