Pj Wali Kota Kotamobagu Hadiri Rakernas XVII APEKSI 2024 yang Dibuka Langsung Presiden Jokowi

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2024, Selasa, bertempat di BSCC DOME Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, 4 Juni 2024.

Mengangkat tema “Kota Sejahtera, Indonesia Maju” kegiatan ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, yang diikuti seluruh wali kota se-Indonesia.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Kotamobagu, Atmawijaya Damopolii, rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI tahun ini dimulai dengan Youth City Changers pada tanggal 1 Juni 2024.

“Agendanya sudah dimulai pada Sabtu, dan dilanjutkan dengan Gala Dinner dan peringatan HUT ke-24 APEKSI di halaman Balai Kota Balikpapan,” kata Atmawijaya.

Lanjut Atmawijaya, setelah pembukaan oleh Presiden, dilanjutkan penyampaian materi oleh Mendagri, Menkeu, Kepala LKPP, Kepala Otorita IKN.

Selain itu kata dia, Rakernas yang diagendakan hingga tanggal 6 Juni ini, juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan.

“Ada pelaksanaan Indoensia City Expo 2024, ICE Business Forum, Karnaval Budaya Nusantara, hingga senam bersama dan penanaman pohon di Area BSCC Dome dan Kawasan Olahraga Terpadu Kota Balikpapan,” ujarnya.

Penyelenggaraan Rakernas, ungkap Atmawijaya, selain untuk saling share informasi terkait kebijakan nasional dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah di masa transisi, juga untuk penguatan kemandirian daerah.

“Termasuk menyusun rekomendasi strategis untuk disampaikan kepada pemerintah terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, menyusun rencana kerja tahun 2025, serta penetapan tuan rumah Musyawarah Nasional VII dan ICE XXI tahun 2025 mendatang,” ungkap Atmawijaya.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar