Pj Wali Kota Kotamobagu Mengikuti Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sulut

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pj Wali Kota Kotamobagu, Hi Asripan Nani, Rabu (29/5/2024) mengikuti penilaian kinerja penurunan stunting tahun 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan, penilaian kinerja penurunan stunting yang dilaksanakan oleh tim penilai tingkat provinsi ini ditujukan untuk mengetahui aspek kinerja apa saja yang sudah baik atau masih perlu ditingkatkan.

“Termasuk melakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi kinerja percepatan penurunan stunting, mengetahui hal inspiratif, replikatif dan inovatif dalam pelaksanaan konvergensi penurunan stunting, serta memfasilitasi sharing pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan 8 aksi konvergensi,” ujar Chelsia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Muhamad Fahmi Iman menambahkan, dalam penilaian kinerja, Tim Percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Kota Kotamobagu menjelaskan berbagai langkah dan upaya yang dilakukan dalam percepatan penurunan stunting di Kotamobagu.

“Selain secara konsisten melaksanakan 8 aksi konvergensi, kami juga melakukan inovasi melalui Cemilan Dashat (Cegah Stunting Ibu Hamil Sampai Dengan Melahirkan Sehat) Kampung Keluarga Berkualitas, yang mana inovasi ini dari daun kelor, sebagai upaya pencegahan dari hulu sumber masalah stunting, yaitu mengintervensi ibu hamil dengan kekurangan energi kronik, maupun ibu hamil dari keluarga resiko stunting dengan pemberian edukasi 1000 HPK, pemberian makanan tambahan yang memenuhi kebutuhan gizi Ibu dan bayi selama dalam kandungan,” jelasnya.

Menurutnya, penilaian kinerja ini penting dan strategis karena kabupaten/kota mendapatkan umpan balik dan pembelajaran serta semakin termotivasi untuk meningkatkan anggaran dan kinerjanya dalam upaya konvergensi percepatan penurunan stunting.

“Pemerintah daerah juga mendapatkan gambaran jelas untuk perbaikan perencanaan dan pelaksanaan konvergensi penanganan stunting,” ungkap Fahmi.

Turut hadir Tim Penilai Kinerja Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Ketua TP PKK Kota Kotamobagu, Ny. Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, SE, beserta jajaran pengurus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kotamobagu Adnan, serta OPD terkait.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar