Pemkot Kotamobagu Bahas Solusi Sanitasi dan Persampahan Kota Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu gelar rapat Pokja perumahan dan kawasan permukiman bertempat di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu, Jumat (31/5/2024).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Pemkot Kotamobagu, Adnan Masinae.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Chelsia Paputungan, mengatakan rapat yang dilaksanakan merupakan bagian dari peningkatan peran pemerintah dalam hal sanitasi maupun persampahan yang ada di Kota Kotamobagu.

“Bagaimana rencana aksi maupun bagaimana mensosialisasikan pengelolaan sampah, yang dimulai dari tingkatan keluarga, karena dengan keterbatasan TPA yang ada, sehingga ini menjadi tugas kita untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak akan banyak lagi sampah yang kita bawa ke TPA. Akan tetapi sampah dikelola ditingkatan kelurahan,’ jelasnya.

Lebih lanjut kata Chelsia, terkait dengan limbah dari Dinas terkait dalam hal ini PU sudah ada seratus lebih sambungan tangki septic yang disiapkan, sehingga masyarakat tidak lagi menggunakan septic tank yang konvensional yang tentu merusak lingkungan.

“Pemerintah menyiapkan tangki septic yang standar yang cara kerjanya akan disedot menggunakan mobil tangki dan selanjutnya akan diolah di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang ada di desa Bungko,” ujarnya.

Ia menambahkan rapat yang dilaksanakan hari ini lebih kepada bagaimana meningkatkan hal pengelolaan limbah, mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa jamban yang ada di masyarakat harus sesuai standar lingkungan yang sehat.

“Hal tersebut untuk menjaga kesehatan masyarakat, karena hal itu juga berpengaruh pada program stunting yang ada di Kotamobagu. Untuk stunting itu, penilaiannya termasuk infrastuktur yang salah satunya adalah sanitasi dan pengelolaan sampah,” terangnya.

Ia juga berharap dengan dilaksanakannya pertemuan ini, akan lebih mendapatkan ide – ide dari dinas terkait sehingga apa yang menjadi target pemerintah dapat dilaksanakan, dengan pendampingan dan evaluasi sesuai dengan program – program yang sudah disepakati.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar