Pemdes Nuangan Barat dan Dinas PMD Boltim Gelar Pelatihan Pemuktahiran Data SDGs

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa Nuangan Barat bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rabu (22/5/2024) menggelar pelatihan pemuktahiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Kegiatan tersebut digelar di Kantor Desa Nuangan Barat, yang turut dihadiri oleh Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Dinas PMD Boltim, Citra Paputungan, pegawai Kecamatan Nuangan, pendamping desa serta hadir Tenaga Ahli Resti Manangin, BPD dan kader Posyandu dan KPM.

Menurut Sangadi Nuangan Barat Evendi Suangi, dengan indeks desa membangun berbasis SDGs kita bisa mengukur juga mengetahui data di desa.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Nuangan Barat dan masyarakat mengapresiasi juga mendukung penuh program ini,” ucap Evendi.

Menurut Evendi, dengan adanya pemuktahiran data IDM SDGS, ini sangat bermanfaat agar bagaimana desa dapat mengtahui tentang pendataan indeks desa membangun berbasis SDGs.

Di tempat yang sama, narasumber dari Tenaga Ahli dan Dinas PMD mengatakan kegiatan SDGs merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas Desa.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar narasumber.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar