Pemdes Matabulu Gelar Pelatihan Pemuktahiran Data SDGs Desa Tahun 2024

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Matabulu, Kecamatan Nuangan bersama pendamping desa, tenaga ahli dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar kegiatan pelatihan pemuktahiran Pendataan Indeks Desa Membangun (PIDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, bertempat di Kantor Desa Matabulu, Rabu (22/5/2024).

Pada kesempatan itu, narasumber dari tenaga ahli dan pendamping desa mengatakan kegiatan SDGs atau Sustainable Development Goals merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas pengunaan dana desa tahun 2024.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” terang salah satu narasumber.

Ia juga menjelaskan, pemutakhiran IDM 2024 juga berbasis SDGs Desa.

“Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM, juga sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga dan warga,” jelasnya.

Sementara itu, Sangadi Matabulu Pario Mokoginta di dampingi Sekdes Bahar Mamonto menjelaskan, bahwasanya dengan indeks desa membangun berbasis SDGs, kita bisa mengukur juga mengetahui data di desa.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Matabulu dan masyarakat mengapresiasi juga mendukung penuh program ini. Juga ucapan terima kasih dari kami dengan adanya pemuktahiran data IDM SDGS, tentunya ini sangat bermanfaat untuk bagaimana desa kami dapat tahu tentang pendataan indeks desa membangun berbasis SDGs,” kata Sangadi.

Kegiatan ini turut dihari oleh tenaga ahli kabupaten DPMD, pegawai Kecamatan Nuangan, pendamping desa serta BPD dan kader Posyandu, PPKBD, KPM.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar