Pemdes Bai Gelar Rapat Pemuktahiran IDM Berbasis SDGs Tahun 2024

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Bai Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar rapat pemuktahiran Pendataan Indeks Desa Membangun (PIDM) berbasis development goals atau biasa disingkat SDGs Desa, bertempat di Kantor Desa Bai, Rabu (15/5/2024).

Sangadi Bai Meity Paputungan mengatakan, kegiatan SDGs atau sustainable development goals merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” jelas Sangadi Desa Bai.

Baca juga : Pemdes Bai Serahkan BLT bulan Mei kepada 25 KPM

Meity juga menjelaskan, pemutakhiran IDM 2024 juga berbasis SDGs Desa.

“Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detial lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan indeks desa membangun berbasis SDGs, kita bisa mengukur juga mengetahui data berbasis ini.

“Ucapan terima kasih dari kami Pemdes Bai, dengan adanya pemuktahiran data IDM SDGS ini, tentunya sangat bermanfaat untuk bagaimana desa kami dapat tahu tentang pendataan indeks desa membangun berbasis SDGs,” kata Meity.

Diketahui, kegiatan ini turut dihari oleh DPMD Boltim, Tenaga Ahli dari kabupaten, ASN Kecamatan, pendamping desa serta aparat Desa Bai.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar