Bupati Bolsel Dorong Puskesmas Manfaatkan Ambulans dan Rujuk Pasien ke RSUD Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt M.Si Selasa (14/5/2024) Hadiri Monitoring dan Evaluasi Program Kesehatan tingkat Kabupaten Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel bertempat di Hotel Quality Manado tersebut diikuti para kepala Puskesmas dan pengelola program promosi kesehatan serta para perangkat daerah. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu.

Kadis Kesehatan Bolsel Saipul Boututihe dalam laporannya menyampaikan bahwa semua Puskesmas di Kabupaten Bolsel sudah terakreditasi dan dua Puskesmas yaitu di Duminanga, Kecamatan Helumo dan Dumagin, Kecamatan Pinolosian Timur, akan menjadi puskesmas rawat inap.

“Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan maka Dinas Kesehatan Bolsel akan mempersiapkan pengadaan sepeda motor sebanyak empat unit dan mobil ambulans tiga unit,”. Sebut Kadis Kesehatan.

Sementara itu, Bupati Bolsel mengatakan bahwa usia harapan hidup dan stunting mempengaruhi nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) daerah. “Untuk menunjang ini, pelayanan posyandu diminta dapat ditingkatkan dan tetap dilaksanakan sesuai jadwal,”. Harap Bupati.

Disampaikan pula bahwa klaim BPJS agar didayagunakan secara lebih baik lagi khususnya penggunaan mobil ambulans karena tercatat hanya beberapa puskesmas saja yang melakukan klaim BPJS.

“Fasilitas di RSUD kita sudah sangat baik. Karena itu, mari manfaatkan hal tersebut. Ketika ada yang sakit, mari kita arahkan rujukan ke RSUD Bolsel dulu khususnya rujukan mata karena fasilitas yang kita miliki tidak kalah dengan RSUD rujukan yang ada di luar daerah,”. Jelasnya.

Ia juga menegaskan agar pelayanan di bidang kesehatan di seluruh pelosok Bolsel harus lebih ditingkatkan lagi dan menjadi perhatian kita semua serta dilaksanakan sesuai regulasi yang ada. “Tolong beri penjelasan kepada Pasien ataupun keluarga pasien agar tidak terjadi miskomunikasi dalam melayani dan juga untuk semuanya harap konsisten di tempat tugas masing-masing serta meredam ego agar setiap tugas dan program bisa dilaksanakan dengan baik,”. Tegasnya.

Dikatakannya, dalam waktu dekat akan ada pembangunan Labkesmas di kompleks perkantoran yang diperlengkapi dengan beberapa tenaga analis kesehatan beserta fasilitas penunjang lainnya langsung dari pusat. “Sebagai abdi negara, kita semua ini sudah diberikan amanah sebagai pelayan untuk melayani masyarakat. Maka dari itu, mari kita sama-sama berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Bolsel,”. Pintanya.

Komentar