BPJS Kesehatan Cabang Tondano Perkenalkan Program Mobile JKN, Ini Kegunaannya

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – BPJS Kesehatan Cabang Tondano menggelar media gathering bersama wartawan se-Bolaang Mongondow Raya, Selasa 21 Mei 2024, bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Pada kegiatan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Tondano memperkenalkan aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala Bagian Mutu Kesehatan BPJS Cabang Tondano Umra Alimin menjelaskan, Mobile JKN merupakan inovasi dalam pelayanan kesehatan yang memiliki berbagai manfaat.

“Aplikasi Mobile JKN ini merupakan aplikasi inovasi dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta maupun calon peserta JKN KIS dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Umra.

Lanjutnya, melalui aplikasi Mobile JKN, peserta juga dapat menikmati berbagai program layanan kesehatan dan mendapatkan berbagai informasi seputar layanan kesehatan.

Salah satunya, peserta dapat mengetahui fasilitas kesehatan, serta dokter-dokter yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Sehingga, apabila ditemukan kendala, misalnya mengenai ketersediaan kamar dalam fasilitas kesehatan, bisa melaporkan kepada kami untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Perencanaan BPJS Kesehatan Cabang Tondano, Yuli Hajriani menambahkan, terdapat satu program unggulan yang diperuntukkan untuk meringankan tunggakan BPJS, yakni Rencana Pembayaran Bertahap atau REHAB.

“Ini program cicilan, bagi peserta yang memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan,” ungkap Yuli.

Melui REHAB tersebut kata Yuli, peserta dapat menyelesaikan tunggakan BPJS sembari membayar tunggakan berjalan.

“Semuanya telah dikalkulasi, sehingga peserta dapat menyelesaikan tunggakan hingga maksimal dalam jangka waktu 12 bulan,” terangnya.

Yang menarik adalah, dalam program REHAB, peserta yang telah menunggak hingga bertahun-tahun sampai 4-5 tahun, hanya perlu membayar tunggakan 2 tahun.

“Peserta akan dapat langsung menikmati layanan BPJS, ketika tunggakan terselesaikan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala bagian Yanfaskes Umrah Alimin, Kepala Bagian Kepesertaan Albert Christian, Kepala Bagian perencanaan keuangan dan pemeriksaan Yuli Gani, BPJS Kesehatan cabang Kotamobagu serta cabang Bolmut dan sejumlah wartawan media online maupun cetak. (*)

Komentar