Asripan Nani Beberkan Capaian dan Kemajuan Kota Kotamobagu pada HUT ke-17

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Hi. Asripan Nani, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah Kota Kotamobagu yang ke-17 tahun.

Upacara HUT ke-17 Kota Kotamobagu tersebut digelar di lapangan Alun-Alun Boki Hontinimbang, pada Senin, 28 Mei 2024, yang dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, pejabat daerah Bolaang Mongondow Raya, unsur Forkopimda, Tenaga Harian Lepas (THL), para camat, para lurah dan sangadi aparat desa se-Kota Kotamobagu, tokoh adat, tokoh masyarakat, OKP dan ASN lingkungan Pemkot Kotamobagu.

Menariknya, para peserta upacara dan mengenakan pakaian adat daerah Mongondow, Salu’ dan Baniang untuk menambah kesan budaya Mongondow di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Acara dimulai dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya pemekaran BMR Kota Kotamobagu oleh Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag.

Selanjutnya, sambutan Pj Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani menyampaikan rasa syukur di usia ke-17 tahun Kota Kotamobagu lebih maju dan berkembang pesat menuju kota smart.

Pada kesempatan itu, Asripan Nani mengajak semua pihak untuk menjadikan peringatan ulang tahun ini sebagai refleksi atas perjuangan para pendahulu tokoh perjuangan pemekaran Kota Kotamobagu.

“Alhamdulillah di usia 17 tahun Kota Kotamobagu sebagai daerah otonom, daerah ini telah mengalami banyak kemajuan dan pencapaian yang membanggakan di semua aspek,” ujar Asripan.

Lanjut Asripan, kurun waktu 17 tahun Kota Kotamobagu, pesatnya pembangunan berbagai fasilitas masyarakat, termasuk fasilitas kesehatan, pendidikan dan infrastruktur untuk kesejahteraan warga.

“Pemerintah terus berupaya meningkatkan daya saing dan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa pada tahun 2023, Kota Kotamobagu mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat,” kata Asripan.

Menurut Asripan, keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi yang baik antara Pemerintah Kota, DPRD, Forkopimda, pengusaha, dunia usaha UMKM, dan masyarakat.

“Peran kita semua untuk kolaborasi ini telah menghasilkan berbagai prestasi di berbagai sektor, seperti peningkatan sumber daya manusia (SDM), baik dari kalangan ASN maupun masyarakat umum. Juga pentingnya pendidikan tinggi bagi generasi muda Kota Kotamobagu untuk menghadapi tantangan masa depan dan menjadikan Kota Kotamobagu sebagai kota jasa yang tangguh,” ujar Asripan.

Lebih lanjut kata Asripan, dengan semangat kebersamaan dan tekad untuk terus maju, Kota Kotamobagu siap menghadapi tantangan masa depan dan melanjutkan pembangunan yang berkelanjutan demi kesejahteraan seluruh warga.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan dan pencapaian Kota Kotamobagu,” ucap Asripan.

“Ucapan terima kasih khusus juga disampaikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, pimpinan dan anggota DPRD Kotamobagu, seluruh pimpinan OPD, ASN, THL serta seluruh masyarakat Kotamobagu yang terus mendukung program pembangunan di Kota Kotamobagu,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, selama memeriahkan HUT ke-17 tahun Kota Kotamobagu seperti lomba gerak jalan yang diikuti oleh ribuan peserta, lomba tarian tradisional dana-dana dan sajak berbahasa daerah atau salamat’, lomba masak nasi goreng, car free day, lomba kebersihan lingkungan dan lain sebagainya yang digelar di Alun-Alun Boki Hontinimbang.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar