3 Aspek Penting yang Ditekankan Pj Wali Kota Kotamobagu Dalam Musrembang Tingkat Daerah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Program Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kotamobagu tahun 2025-2045 dengan visi pembangunan “Kota Kotamobagu yang maju modern berbudaya luhur sebagai pusat pelayanan unggulan yang berkelanjutan”.

Sekaligus Rencana Kerja Program Daerah (RKPD) Kota Kotamobagu Tahun 2025 dengan tema pembangunan “Memantapkan daya saing melalui inovasi seiring degan peningkatan investasi dan pemberdayaan masyarakat” bertempat di Ballroom hotel Sutan Raja pada Rabu (3/4/2024).

Wali Kota Kotamobagu, Drs. Hi. Asripan Nani, M. Si, menyatakan kebahagiannya atas kehadiran semua peserta dalam acara tersebut, sekaligus menekankan pentingnya partisipasi aktif semua pihak dalam menentukan arah pembangunan Kota Kotamobagu.

“Dalam perencanaan yang dilalui di musrenbang ini, yakni perencanaan melalui musyawarah perencanaan tingkat kecamatan dan kabupaten, serta mekanisme perencanaan yang melibatkan berbagai aspek penting dari desa hingga kabupaten,” ujar Pj Wali Kota Kotamobagu.

Ia juga mengingatkan dalam upaya menjaga konsistensi rencana pembangunan, pentingnya tidak keluar dari koridor rencana kerja pemerintah daerah yang telah dirumuskan.

“Kenapa harus satu visi dan tujuan, hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi perubahan dinamika perkembangan yang mungkin terjadi pada tahun 2025,” tegas Asripan Nani.

Lebih lanjut Asripan Nani juga memaparkan strategi untuk memajukan sektor pendidikan, kesehatan, kebudayaan, dan pariwisata sebagai pilar-pilar penting dalam pembangunan Kota Kotamobagu kedepannya.

“Kedepannya siapapun yang akan menjadi Wali Kota, Sekda, Kepala Dinas terkait, harus mengacu ke musrembang yang ada. Saya tekankan lagi tiga aspek yakni, pembangunan infrastruktur, membangun Sumber daya manusia (SDM) dan membangun ekonomi. Jika kita laksanakan itu maka yakinlah akan terwujud visi misi Kotamobagu yang hebat, dan lebih maju lagi.

Dengan demikian, Musrenbang Kota Kotamobagu menjadi momentum penting dalam menyusun rencana pembangunan yang komprehensif dan berkelanjutan guna mewujudkan visi Kota Kotamobagu yang lebih maju dan baik di masa depan,” pungkas Asripan Nani.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar