Tahapan Seleksi Paskibraka Kotamobagu Tahun 2024 Diikuti 215 Peserta

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Tahapan seleksi putra-putri calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 di Kota Kotamobagu mulai bergulir.

Menurut Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Ena Sutarty Monoarfa, sebanyak 215 peserta sudah mengikuti Tes Pancasila dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Paskibraka secara online melalui perisaipaskibraka.bpip.go.id

“Tahapan seleksi calon Paskibraka tahap awal sebanyak 215 peserta yang terdiri dari 102 putra dan 113 putri  dari 12 sekolah telah terlaksana di alun–alun Boki Hotinimbang Kota Kotamobagu,” kata Ena, Jumat 8 Maret 2024.

Untuk tes selanjutnya adalah Tes Intelegensia Umum (TIU).

“Selanjutnya masuk ke tahapan seleksi TIU secara online, dan dilanjutkan dengan tes kesehatan tanggal 8 – 9 maret,” terang Erna.

Sementara untuk tes selanjutnya yakni tes PBB, kesamaptaan dan kepribadian akan dilanjutkan setelah cuti bersama hari raya Idul Fitri 1445 H yakni tanggal 16 sampai degan 18 April 2024.

“Semua tes Paskibraka ini tidak hanya sebatas untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga menjadi suatu program pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila,” jelasnya.

Lanjutnya, kalau dahulu tes Paskibraka dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), tetapi sekarang sudah pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Mulai Tahun ini program Paskibraka sudah tidak lagi menjadi program Dispora namun berada di Badan Kesbangpol, karena pada badan ini terdapat bidang Bina Idologi dan Wawasan Kebangsaan yang linear dengan program Paskibraka Duta Pancasila,” tambahnya.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar