DPUTR Bolmut Gerak Cepat Atasi Longsor Menuju Tanjung Sidupa

BOGANINEWS, BOLMUT – Longsor yang terjadi di akses jalan menuju Desa Tanjung Sidupa, Kecamatan Pinogaluman, menyebabkan jalan tak bisa dilalui kendaraan roda empat dan hanya bisa dilalui sepeda motor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Bolmut, Rudini Masuara, mengatakan, saat mendengar informasi longsor tersebut, ia bersama tim langsung turun dan menuju lokasi.

“Pemda Bolmut di pimpin Pj Bupati Sirajudin Lasena, langsung mengambil langkah cepat dan berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulut, untuk meminjam jembatan bailey guna penanganan darurat,” jelas Rudini, Kamis (7/3/2024).

Lanjutnya, pihaknya juga akan mencari solusi terkait akses jalan sidupa yang putus tersebut, karena penyebab banjir di ketahui selain intensitas hujan yang tinggi juga disebabkan jalan keluar air menuju sungai yang tersumbat oleh sampah.

“Mengingat saat ini kita berada di fase pancaroba, maka perlu di waspadai terkait perubahan cuaca yang tiba-tiba, mungkin dapat menghindari aktifitas saat terjadi cuaca buruk,” terang Rudini.

Terpisah, pihak BMKG melalui koordinator bidang observasi dan informasi Stasiun Klimatologi Sulut, Muhammad Candra Buana mengatakan, untuk wilayah Bolmut prakiraan hingga besok (hari ini) masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan pantau terus informasi terupdate dari BMKG,” pintanya

Reporter: Indrawan Laupu