Pimpin Rakor Pembekalan Tim Pemantau Pemilu, Asripan Nani Tegaskan Tupoksi Kerja Secara Profesional

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu Drs, Hi., Asripan Nani Msi., Senin (12/2/2024) Pimpin Rapat Koordinasi (Rakor), bersama Forkopimda terkait kesiapan pelaksanaan Pemilu sekaligus Pembekalan Tim Pemantau serta Pelaporan Pemilu Serentak Tahun 2024, bertempat di Aula Kesbangpol Kotamobagu.

Pada kesempatan itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kotamobagu Sitti Rafiqa Bora, SE melaporkan bahwa Rakor kesiapan pelaksanaan Pemilu dan Pembekalan Tim Pemantau serta Pelaporan Pemilu Serentak Tahun 2024 telah siap.

“Guna mensukseskan Pemilu tahun 2024, Kesbangpol telah menyiapkan 351 personil yang akan disebarkan ke seluruh wilayah TPS yang ada di Kotamobagu. Rakor kesiapan pelaksanaan Pemilu dan pembekalan Tim Pemantau serta pelaporan pemilu serentak tahun 2024, adalah upaya untuk menciptakan pemilu yang demokratis damai dan aman untuk kota Kotamobagu,” ucap Rafiqa Bora.

Usai penyampaian laporan Kaban Kesbangpol, selanjutnya dilakukan penandatanganan fakta integritas kesiapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 oleh Pj Wali Kota Kotamobagu, Kapolres, dan Dandim.

Dalam sambutannya Asripan Nani mengatakan rakor ini sekaligus mengecek langsung persiapan pemilu tahun 2024 di Kotamobagu.

“Rakor Final cek kesiapan pemilu kita berharap berlangsung aman damai dan sukses. Ini adalah pesta demokrasi hajatan nasional, yang dimana seluruh masyarakat berhak mensukseskan hajatan 5 tahunan ini, degan menyiapkan personil tim pemantau Ini bukti keseriusan kita semua forkopimda untuk kita sukseskan Pemilu 2024 sesuai amanat dan peraturan undang-undang yang berlaku,” ujar Asripan Nani.

Dikatakannya, partisipasi masyarakat pada pemilu tahun 2019, Kotamobagu hanya sampe 70 persen partisipasinya.

“Diharapkan di tahun 2024 kita harus sampe 90 persen. itu akan tercapai jika kita semua bersinergi dan kerja demi terwujudnya pemilu 2024 yang Sukses,” pintanya.

Ia juga berharap kotamobagu di tahun ini harus ada catatan sejarah dalam penyelenggaraan pemilu yang baik.

“Selama ini Kotamobagu tidak ada catatan yg tidak baik dalam pemilu, makanya mari kita jaga degan baik pesta demokrasi ini, degan kurang lebih 351 personil pemantau ini adalah perpanjangan pemerintah Kotamobagu untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai dan berintegritas,” terangnya.

Lebih lanjut Asripan mengatakan peran pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat sangat penting dalam mewujudkan pemilu yang baik.

“Kami siap mendukung dan memfasilitasi agar pemilu sukses, aman dan damai. Seperti Keamanan tentunya dari unsur TNI POLRI, juga dari kita Pemkot yakni Satpol PP, nah peran pak Kapolres posisinya pengamanan, juga yang lainnya seperti pak Dandim dan pak Kejari tentunya kita memiliki peran dan fungsi masing – masing dalam mensukseskan Pemilu ini. Selain itu kita juga akan melakukan pengecekkan kesiapan di setiap TPS, yang tersebar di Kotamobagu, juga terakhir kesiapan medis, mulai dari petugas medis, obat obatan dan kendaraan ambulans,” urainya.

Asripan Nani juga berpesan kepada tim pemantau agar bekerja secara profesional.

“Tugas bapak fungsinya memantau bertindak sesuai kinerja kalian ASN, jangan ada Gerakan tambahan. Kerja secara profesional ingat itu, makanya kalian juga dibekali Id card pengenal supaya jelas, namun tidak untuk uang honorium karena sudah tidak dianggarkan di APBD, kerja ini sudah menjadi kewajiban dan tupoksi kalian sebagai abdi negara,” tegasnya.

Tak lupa pula Pj Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kotamobagu agar Mengunakan hak pilihnya pada 14 February nanti.

“Mari kita sukseskan pemilu tahun 2024 yang demokratis, berintegritas, bersih, aman jujur dan adil. Ajak semua masyarakat wajib pilih untuk berpartisipasi dalam pemilu ini.

Kita ajak masyarakat gunakan hak pilihnya, dan menenangkan situasi selama masa tenang. Ini sisa 2 hari lagi, jadi ciptakan Kamtibmas yang kondusif aman sampai hari pencoblosan,” pungkas Asripan Nani.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim 1303 Bolmong, Kejari Kotamobagu, unsur Forkopimda, Sekda Sofyan Mokoginta, Ketua Bawaslu Kotamobagu Yunita Mokodompit, Ketua KPU Kotamobagu Mishart A. Manoppo Kesbangpol provinsi Sulut Manado Fery Sambuaga, Anggota DPRD Kotamobagu dan Peserta pendamping dan pemantau wilayah Kotamobagu.

Reporter Agung Mokodompit

Komentar