Pemkot dan BPS Gelar FGD Evaluasi dan Pembinaan Statistik Sektoral

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu mengelar Forum Group Diskusi (FGD) evaluasi dan pembinaan statistik sektoral bertempat di ruang Bapelitbangda Kotamobagu, pada hari Senin (5/2/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Mokoginta saat membuka FGD mengungkapkan apresiasi atas komitmen Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mewujudkan satu data Kotamobagu menuju satu data Indonesia.

“Pemkot dan BPS Kotamobagu selalu bersinergi, terutama dalam pengendalian inflasi. Hal itu saat evaluasi dengan Pemprov beberapa disampaikan terutama terkait disparitas harga yang selama ini terjadi antara Kotamobagu dengan daerah sekitarnya, dan ini yang kemudian mempengaruhi inflasi di kota kotamobagu,” ujar Sekda.

Sofyan menambahkan Pemkot dan BPS melakukan penilaian badan dan internal.

“Penilaian tersebut merupakan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral yang telah dilakukan pembinaannya selama ini. Penilaian yang telah selesai dilakukan, masih dinilai kurang penyelenggaraan hingga saat ini masih dalam tahap harmonisasi penyesuaian penilaian,” jelasnya.

Dalam waktu dekat jelas Sofyan, statistik sektoral yang selama ini berjalan di tingkat Pemkot Kotamobagu dengan pemerintah daerah lainya di Indonesia akan dapat dilaksanakan kembali, dan dinilai dalam bentuk indeks.

“Nilai indeks ini akan menggambarkan kapabilitas dan kematangan kegiatan statistik sektoral yang dijalankan oleh pemerintah daerah. Penilaian ini terdiri dari tingkat rintisan, terkelola, terdefinisi, terpadu dan terukur serta tingkat Optimum yang menggambarkan tingkat maksimal,” jelasnya

Kami pun berharap Kotamobagu mendapatkan nilai indeks pembangunan statistik yang optimum.

“Karena kegiatan-kegiatan yang sudah kita kerjakan selama ini sudah mengikuti baik arahan maupun pedoman pembina data yakni BPS kota Kotamobagu,” pungkasnya.

Sementara Kepala BPS Kotamobagu, Syamsuddin mengatakan pedoman penyelenggaraan statistik mengacu pada perundang-undangan No 16 tahun 1997 serta koordinasi bersama berbagai pihak terkait dengan statistik.

“Sebagai pimpinan kami sangat meng apresiasi kepada perangkat daerah yang berperan aktif mengikuti pembinaan kegiatan statistik dari kami. Terimakasih dan semoga mudah-mudahan organisasi pemerintah daerah dan Instansi lain yang belum turut melaporkan dapat mengikuti kegiatan FGD ini,” ujarnya (*)

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar