KPU Boltim Gelar Rakor, Matangkan Persiapan Pengamanan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024

BOGANINEWS , BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (1/2/2024) gelar rapat koordinasi (rakor) pengamanan dan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, di Cafe CEO Desa Paret, Kecamatan Kotabunan.

Rakor yang di buka langsung Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto, di dampingi Kepala Divisi (Kadiv) Sosialisasi dan SDM KPU Boltim, Ikal Salehe, juga di hadiri Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto, Kaban Kesbangpol Ahmad Alheid, Kasat Pol-PP Saipudin Mokoagow, Kabid perhubungan Gafar Ligawa, Sekretaris PMD Romy Lasabuda, sekertaris BPBD Olfa Buntuan, Dandim 1303 Bolmong Pabung Mayor Coba Selfianus dan Polres Boltim Kabag Ops I Ketut Mantra.

Pada kesempatan itu Ketua KPU Rusmin Mamonto mengatakan, kegiatan dilaksanakan mengingat pemilihan legislatif (pileg) 2024 tinggal 13 hari lagi.

“Logistik pemilu sudah dalam pengecekkan dan pengepakan di gudang logistik di Desa Togid. Tepatnya tadi malam, Rabu, 31 Januari, sudah 99 persen dan bisa di katakan sudah siap untuk di distribusikan,” beber mantan Jurnalis ini Rusmin Mamonto.

Ia juga berharap, dalam proses pendistribusian nanti tidak ada kendala, dan berjalan sesuai prosedur yang diinginkan.

“Pertemuan kita ini guna mengkoordinasikan persiapan di lapangan. Semisal dinas perhubungan, kita nanti akan melakukan koordinasi soal keamanan jalan, demikian dengan pihak BPBD akan berperan memberikan sinyal rawan bencana saat proses pendistribusian logistik ke wilayah-wilayah rawan bencana alam. Begitu pun instansi-instansi terkait lainnya, termasuk dari pihak TNI dan Polri bagaimana kesiapan pengawalan, keamanan surat suara dan lain sebagainya,” jelas Rusmin.

Makanya kami berharap dalam rakor ini ada usulan dan masukan dari seluruh undangan yang hadir apa saja yang bisa diantisipasi saa dini.

“Kami berharap ada saran dari teman-teman guna menyukseskan pemilu 2024 nanti,” pintanya.

Senada yang dikatakan Kepala Divisi (Kadiv) Sosialisasi dan SDM KPU Boltim, Ikal Salehe, bahwasanya dalam menyukseskan Pemilu 2024, pihaknya berharap ada sinergi dan kerja sama yang baik.

“kekompakan kita, Solidaritas kita, kerja sama seluruh pelaksana penyelenggara pemilu di butuhkan guna keberlangsungan tahapan pemilu 2024 yang jujur dan adil (jurdil) aman dan sukses,” harap ikal.

Menurutnya sukses pemilu 2024 tergantung dari hasil koordinasi, konsolidasi dan komunikasi antara semua yang hadir dalam rakor ini.

“Sebelumnya pada tanggal 25 Januari kemarin kami sudah melantik KPPS yang sebagai petugas terakhir pungut dan hitung. Jadi untuk persiapan dari KPU Boltim, kita sudah siap untuk pendistribusian logistik pemilu 2024,” aku Ikal Salehe.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar