Dijuluki Sang Petarung, SSM Berhasil Membawa Perubahan Kabupaten Boltim Diberbagai Sektor

BOGANINEWS , BOLTIM – Tiga Tahun Sudah Sam Sachrul Mamonto (SSM) memimpin daerah Timur Totabuan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sejak dirinya dilantik sebagai bupati pada tanggal 26 Februari 2021 silam, SSM langsung bekerja untuk membangun daerah yang terbilang baru saja mekar dengan ide-idenya yang cemerlang.

Berkat kepiawaiannya, mantan ketua DPRD Boltim ini berhasil mengangkat kearifan lokal yang ada di Boltim dan meraih berbagai penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten Boltim.

Selain penghargaan, bupati juga turut andil dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Boltim baik itu melalui pendidikan maupun lowongan pekerjaan.

Dan yang tak kalah penting tentunya di bidang pembangunan, bagaimana tidak hanya dalam rentang waktu Tiga Tahun, bupati telah merampungkan berbagai pembangunan dan mengubah wajah Kabupaten Boltim menjadi semakin bersinar.

Adapun Trak record berbagai pencapaian yang ditorehkan oleh mantan Jurnalis ini dalam Tiga Tahun kepemimpinannya di Kabupaten Boltim.

Seperti menggelar Berbagai Festival Budaya,

Dengan idenya yang brilian, Bupati SSM telah berhasil mengangkat kebudayaan lokal yakni dengan menyelenggarakan berbagai festival budaya di Boltim. Festival-festival seperti Java Fest, Kabela Fest, Mooat Holticulure Fest dan Tulude menjadi ajang untuk mempromosikan kekayaan budaya daerah dan meningkatkan pariwisata. Festival budaya ini tidak hanya menghidupkan tradisi dan kearifan lokal, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Selanjutnya Prestasi dalam Bidang Pemerintahan, dalam tiga tahun terakhir, SSM telah menerima beberapa penghargaan penting. Beberapa penghargaan ini meliputi pengelola Dana Desa Terbaik, peraih Opini BPK WTP atas LKPD 10 kali berturut-turut, peringkat kedua kinerja terbaik pengelola data, dan apresiasi kinerja terbaik tahun 2023 dalam acara Treasury Awards 2024.

Selain pencapaian di atas, Bupati SSM juga telah meraih berbagai prestasi seperti penghargaan atas kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik, penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-10 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Adapun meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Papa Icat Sapaan akrab Bupati Boltim juga telah berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Boltim. Melalui program pendidikan yang luas, angka kelulusan sesuai jenjang tingkat pendidikan telah meningkat sebanyak dua ribu peserta. Program ini tidak hanya meningkatkan IPM, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Selain itu juga mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan Ekstrem. Salah satu pencapaian terbesar SSM adalah penurunan angka pengangguran dan kemiskinan ekstrem. Melalui pembukaan lapangan kerja baru dan program pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kontrak kerja bagi tenaga guru kontrak dan tenaga operator sekolah TK, SD, dan SMP dan yang terbaru perekrutan P3K untuk tenaga guru dan kesehatan.

Dari segi pembangunan, Ia telah membangun Proyek dan Struktur Fisikal, selama masa jabatannya, yakni membangun berbagai proyek dan struktur fisikal. Beberapa proyek ini meliputi Masjid Agung Boltim, pembangunan gerbang masuk Boltim dengan tugu bermotif kabela, pembangunan Rumah Dinas (Rudis) Bupati Boltim dan pembangunan jalan raya berstandar nasional.

Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas.

Bupati Boltim SSM juga telah berhasil meningkatkan angka Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini menunjukkan komitmen Bupati SSM dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Mendapatkan Penghargaan Ombudsman.

Pada tahun 2022, SSM menerima penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia atas kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik. Penghargaan ini adalah bukti dari komitmen Bupati SSM dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Mendukung Akreditasi RSUD Boltim.

Bupati Boltim juga memberikan dukungan penuh dalam proses akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Boltim. Berkat dukungan ini, RSUD Boltim berhasil meraih predikat akreditasi tingkat utama dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Ini membantu RSUD Boltim memperoleh pengakuan nasional dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di daerah tersebut.

Semua ide gagasannya, Ia implementasikan Berbagai Program degan pelayanan yang transparan dan memihak pada masyarakat tanpa pandang bulu.

Selain peningkatan kualitas pada bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan infrastruktur serta peningkatan kesehatan masyarakat. Peningkatan pelayanan publik juga berhasil dijalankan oleh Pemkab Boltim.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar