Berikut Nama-nama Berpeluang Calon Wabup Boltim, Sachrul Mamonto Masih Rahasiakan Pilihannya

BOGANINEWS, BOLTIM – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tengah berlangsung sesuai penetapan jadwal oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait Pemilu Serentak dan Pilkada Tahun 2024.

Adapun di daerah Totabuan Timur, sudah gencar – gencarnya mendeklarasikan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Boltim pada Pilkada 2024 nanti.

Seperti halnya Oskar Manoppo dan Argo Samaiku, yang dimana keduanya telah mendeklarasikan sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Boltim untuk Pilkada Boltim.

Hal itu mendapatkan respon biasa dari politisi yang sering dilekatkan degan sebutan Sang Petarung dari Timur Totabuan Sam Sachrul Mamonto (SSM).

“Saya terlahir sebagai petarung, dan tidak terbiasa terburu-buru dalam menentukan sikap dan pilihan. Terkait siapa saja yang pantas dan bisa menjadi wakil saya di pertarungan Pilkada nanti, ada waktunya saat yang tepat, saya akan umumkan siapa dia. Kan sudah ada yang duluan mendeklarasikan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Boltim itu, Oskar dan Argo,” ujar Bupati Boltim SSM.

Ditanya siapa yang akan menjadi O2 Wakilnya di pertarungan Pilkada Kabupaten Boltim, Sam Sachrul Mamonto hanya menyebutkan kriteria yang bisa menjadi pendampingnya itu, bisa dari kalangan aktivis, Birokrat, dan bisa saja dari kalangan politisi.

“Tentunya Saya sudah mempersiapkan bakal calon Wakil Bupati Boltim yang akan berdampingan degan saya di pemilihan kepala daerah nanti (pilkada Boltim). Pastinya pendamping saya bukan dari kalangan keluarga Sehan Landjar,” aku mantan ketua DPRD Boltim.

Menurut Sachrul kriteria Calon Wakil Bupati yang akan mendampinginya terutama sifatnya baik, dan memiliki wawasan pendidikan yang baik, juga etika yang baik, punya jiwa kepemimpinan dan paham akan tugas fungsi (Tupoksi) dari Wakil Bupati.

“Saya sudah kantongi namanya. Saya sudah pilih calon Wabub saya, pastinya dari bagian pesisir Boltim, dan dia masih muda, berwawasan, pintar, santun, dan pasti kalian juga masyarakat akan menyukainya,” bebernya.

Lebih lanjut Papa icat sapaan akrab Bupati Boltim ini menjelaskan, terkait regulasi bakal pencalonan bupati dan wakil bupati Boltim pada Pilkada nanti.

“Partai Nasdem degan jumlah perolehan kursi terbanyak di pemilu tahun 2024, mampu mengusung Paslon Bupati dan wakil bupati Boltim di Pilkada 2024 nanti. kan Pilkada nanti di akhir tahun 2024, nah Perolehan kursi terbanyak DPRD Boltim itu ada pada Nasdem. Bukan seperti kata Ketua DPW partai PAN, yang dimana merekalah yang akan mengusung Paslon Bupati dan wakil bupati di Pilkada nanti. Itu sudah ada regulasinya sesuai peraturan KPU bahwa partai pemenang pemilu di tahun 2024 lah yang akan mengusung. Jangan salah kaprah sampai membodohi rakyat terkait partai yang bisa mengusung,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, terlepas dari partai Nasdem pemilik kursi terbanyak dan bisa langsung mengusung Paslon Bupati dan wakil bupati, partainya akan tetap terbuka komunikasi bagi semua partai yang ingin berkoalisi.

“Tinggal dilihat siapa partai yang bisa berkoalisi, tergantung komunikasi internal partai,” pungkasnya.

Keyakinan Partai Nasdem sebagai pengusung Paslon Bupati dan wakil Bupati Boltim di Pilkada nanti, menurutnya mempunyai dasar yang sangat kuat akan hasil perolehan suara terbanyak di pemilu 2024, sesuai data hasil rekapitulasi C1 untuk Caleg DPRD dan DPR Provinsi Sulawesi Utara yang bersumber dari saksi Partai Nasdem yang dikatakan Koordinator pemenangan Partai Nasdem Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Viko Ongah Kamis kemarin (15/2/2024), di rumah putih Modayag.

Ia membeberkan perolehan suara Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Utara Seska Ervina Budiman (SERBU) yang merupakan representasi dari rakyat BMR, khusus Boltim ada 19 ribu suara, sedangkan data dari luar Boltim mencakup 68% suara, terdiri dari Bolsel, Bolmong, Bolmut, dan Kota Kotamobagu, totalnya lebih dari 25.000 suara, dan berpotensi bertambah di perhitungan akhir nanti.

Sedangkan Khusus untuk Daerah Boltim di 81 Desa Partai Nasional Demokrat (NasDem) lanjut Viko berhasil menempati posisi pertama dengan perolehan suara partai dan caleg sebanyak 18.276 suara kemudian disusul oleh Partai lainya.

“Dari perolehan suara yang ada di 257 TPS yakni 18.276 suara yang tersebar di tujuh kecamatan 81 desa, maka kami yakin Nasdem akan mendapatkan 7 kursi DPRD untuk kabupaten Boltim.

Lebih lanjut Viko menerangkan ini merupakan data yang valid karena di peroleh dari hasil rekapan C hasil yang didapatkan dari para saksi partai Nasdem yang ada.

“Dapil satu dari tujuh caleg yang ada di kecamatan Kotabunan dan Tutuyan total Partai Nasdem memperoleh suara berjumlah 7293 artinya tiga kursi plush sudah ada di dapil satu dengan ibu Meykin Modeong mendapatkan posisi pertama dengan perolehan suara sebanyak 2005 dan di susul Sadam dengan perolehan suara 1921, Iksan Pakaya 1588 suara,maks tando 947 suara. Sedangkan di dapil dua memperoleh akumulasi suara sebanyak 3474 suara, yang memastikan mendapatkan dua kursi yakni Bung Toni Olola dan kader bachmid,” tandas Viko.

Selanjutnya di dapil tiga yakni kecamatan Modayag bersatu dan Mooat, partai nasdem memperoleh 7509 suara, dengan pembagian kursi kita berpotensi bisa mendapatkan empat kursi.

“Tiga kursi sudah pasti milik Nasdem dengan kursi pertama di isi oleh bung Sadikin Bahri Mamonto dengan perolehan suara sebanyak 2400 suara dan di susul oleh Lam Matitala dan dr. Cerry Komaling. bukan hal yang mustahil bisa jadi Nasdem di dapil tiga bisa sampai 4 kursi kalo kita lihat perolehan suara dari partai yang lain apa bila jauh di bawah Nasdem, dengan demikian partai nasdem di Boltim di pastikan akan memperoleh 7 kursi,” pungkas Viko

Adapun nama-nama pontensi Bakal Calon Wakil Bupati Boltim di Pilkada nanti sebagai berikut:

  1. Samsudin Dama

  2. Iksan Pakaya

  3. Muhammad Jabir

  4. Awaludin Umbola

  5. Rusmin Mokoagow

  6. Haris Pratama Soemanta

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar