Bawaslu Boltim Gelar Rakor Bersama Media Massa dan Ormas Bahas Pengawasan di Masa Tenang Pemilu

BOGANINEWS, BOLTIM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jumat (9/2/2024), gelar rapat koordinasi (Rakor) degan Media massa terkait publikasi dan dokumentasi pengawasan masa tenang di Kabupaten Boltim tahun 2024, bertempat di villa Goba Molinow Kecamatan Mooat.

Di Kegiatan tersebut juga Bawaslu Boltim mengandeng OKP guna Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasi kepada Organisasi Masyarakat, degan tema ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’

Adapun Narasumber yang dihadirkan Bawaslu Boltim yakni Doktor Viktory Rotty dari Akademisi memaparkan terkait persiapan masa tenang kampanye Pemilu dan penertiban APK/APS.

“Mohon disampaikan kepada Parpol, Caleg, Timses, dan calon DPD agar dapat segera menertibkan APK Baleho yang masih terpasang di tempat umum seperti jalan dan lapangan, karena besok sudah masuk masa tenang,” pintanya.

Menurutnya peran serta sinergi pemerintah, stakeholder, unsur TNI POLRI, Ormas, hingga semua lapisan masyarakat dalam mensukseskan pemilu sangat penting.

“Jadi kita tertibkan dan awasi bersama pemilu 2024 ini. Itu merupakan perintah undang-undang amat pemilu dan konstitusi.

Mari kita sukseskan bersama Pemilu yang aman damai dan berintegritas, jadikan Pemilu tahun 2024 jujur dan adil (Jurdil),” tegasnya.

Selanjutnya kegiatan juga berlangsung terkait Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasi kepada Organisasi Masyarakat oleh Bawaslu Boltim melalui Narasumber Jerri Oddoh Mokolang.

“Sesuai perintah undang undang 2017 nomor 7, mensukseskan pemilu untuk menegakan kredibilitas, mewujudkan pemilu yang demokratis, mewujudkan pemilu yang bebas rahasia, jujur dan adil,” ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar peran Organisasi masyarakat Kemudian bisa tersosialisasikan dan ada sumbangsih pemikiran dan tenaga, dalam mewujudkan pemilu yang demokratis dan berintegritas, dan Pemilu yang bebas dari money politics.

“Makanya pendidikan politik itu sangat penting bagi masyarakat degan slogan ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Bawaslu mengajak semua unsur pemangku kepentingan sampai ketingkat masyarakat untuk sama sama mengawasi demi tercapainya pesta demokrasi yang aman, jurdil, dan sukses,” pungkasnya.

Turut hadir dari Narasumber Akademisi, moderator Asram Abjul, staf Bawaslu, perwakilan Ormas/OKP dan Wartawan media massa.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar