Bawaslu Bolmut Gelar TOT Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024

BOGANINEWS, BOLMUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melaksanakan Training Of Trainers (TOT), pelatihan saksi peserta Pemilu tingkat Kabupaten pada Pemilu Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Bolmut, Abdul Muin Wengkeng, mengatakan, dalam rangka melaksanakan tugas dan wewenang, serta kewajiban pengawas Pemilu Tahun 2024 dalam menciptakan Pemilu yang berintegritasi, maka Bawaslu Bolmut melaksanakan (TOT) pelatihan saksi.

Kegiatan penguatan kapasitas ini, merupakan tahap awal dari serangkaian persiapan yang akan dilakukan menjelang Pemilu tahun 2024.

“Para peserta atau Lo partai dalam mengikuti TOT ini, akan diberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek teknis dalam menjalankan tugas sebagai saksi pada Pemilu 2024. TOT ini juga terkait mekanisme pelaporan dugaan pelanggaran Pemilu, serta akan diberikan pemahaman terkait kebijakan teknis pemungutan dan penghitungan suara,” terang Muin, Kamis (8/2/2024).

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan langkah konkrit dalam memastikan setiap aspek Pemilu tahun 2024, berjalan dengan transparan dan bebas dari kecurangan. Kegiatan ini sangat penting bagi para saksi partai politik, karana akan memiliki peran krusial dalam melakukan pengawasan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jadi kegiatan ini melibatkan secara langsung saksi partai politik, karena dalam proses pelatihan dan pembekalan ini diharapkan setiap partai politik, dapat terlibat secara aktif dan bertanggung jawab dalam mengawasi jalannya Pemilu Tahun 2024 ini,” jelas Wengkeng.

Diketahui, kegiatan TOT ini dihadiri para saksi calon Persiden dan Wakil Persiden dan Lo partai politik.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar