Antisipasi Potensi Terjadinya Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Bolmut Gelar Apel Siaga

BOGANINEWS, BOLMUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar apel siaga pengawasan masa tenang, pendistribusian logisti, pungut hitung dan rekapitulasi perolehan suara pemilu serentak tahun 2024.

Apel siaga tersebut dilakukan dilapangan kembar Boroko yang menghadirkan Panwas Kecamatan, Panwas Desa dan Pengawas Tempat Pemugutan Suara (TPS) se Bolmut.

Ketua Bawaslu Bolmut Abdul Muin Wengkeng, Minggu (11/2/2024) mengajak pengawas Pemilu se-Bolmut baik Panwas Kecamatan, Panwas Desa dan Pengawas TPS, agar meningkatkan koordinasi dengan stakeholder di setiap tingkatan. Pengawas Pemilu ketika pada masa tenang untuk mengantisipasi potensi terjadinya pelanggaran pemilu, agar tetap mengedepankan dimensi pencegahan namun untuk tetap tidak ragu untuk melakukan penindakan jika terdapat dugaan pelanggaran.

“Jelang pemungutan suara, tugas dan tanggung jawab kita sebagai pengawas Pemilu sangat berat, karena ekspektasi masyarakat juga semakin tinggi,” kata Muin.

Ia juga menegaskan kepada seluruh pengawas Pemilu di semua tingkatan, agar dapat menjaga integritas selama pemungutan dan penghitungan suara berlangsung.

“Seluruh penyelenggara Pemilu pada masa tenang merupakan titik kritis, karena kita harus memastikan tidak ada kampanye, serta politik uang dan yang paling penting adalah memastikan distribusi logistik tepat waktu,” jelas Muin.

Hadir dalam kegiatan apel siaga tersebut diantaranya, Pj. Bupati yang diwakili oleh Kaban Kesbang-Pol, Wakapolres Bolmut, Komisioner KPU Bolmut, Kejaksaan Bolmut, Kasat Intel Polres Bolmut.

Reporter: Indrawan Laupu