Wamendag RI Jerry Sambuaga Lakukan Pembinaan Perlindungan Konsumen di Wilayah Bolaang Mongondow

BOGANINEWS, BOLMONG – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia, Jerry Sambuaga, melakukan kunjungan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa 30 Januari 2024.

Kunjungan Jerry Sambuaga tersebut sekaligus untuk melakukan sosialisasi terkait pembinaan perlindungan konsumen dengan tema “Cerdas di Era Digital” yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Desa Mopuya Utara, Kecamatan Dumoga Utara.

Menurut Jerry Sambuaga, kegiatan ini merupakan wujud program dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah terkait perlidungan bagi para konsumen.

“Ini merupakan program pemerintah pusat di daerah khususnya bagi masyarakat guna memastikan bahwa perlindungan bagi konsumen itu ada,” ujar Jerry.

Dijelaskannya, di era globalisasi yang berkembang pesat saat ini merubah pola perilaku dalam aktifitas perdagangan.

Oleh sebab itu kata Jerry, hal itu harus diimbangi dengan berbagai kebijakan untuk perlindungan bagi seluruh pelaku perdagangan.

“Berbagai perubahan pola perilaku konsumen ini juga harus mampu diimbangi dengan berbagai kebijakan yang dapat melindungi berbagai aktivitas pola perdagangan baru yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha,” terangnya.

Lebih lanjut kata Jerry, Kemendag juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah seperti Pemprov, Pemkab dan lainnya, terkait program tersebut agar terus berjalan continue agar bisa dirasakan manfaatnya.

Untuk itu, Jerry meminta agar seluruh elemen pemerintah di daerah terus menggalakkan akan pelaksanaan kegiatan perlindungan konsumen mulai dari pendidikan usia dini.

Selain itu kata Jerry, pembinaan juga dilakukan kepada pelaku usaha untuk pemenuhan standar dan pengendalian mutu, pengawasan barang beredar, pengukuran dan takaran secara tepat, hingga memastikan tertib niaga di semua pasar dan gerai transaksi perdagangan.

“Hal ini juga merupakan upaya Kementerian Perdagangan RI untuk mewujudkan iklim perdagangan yang baik dan bermutu,” jelasnya.

Diketahui, kedatangan Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga ini untuk melakukan sosialisasi di 3 titik di Kabupaten Bolaang Mongondow, salah satunya di Desa Mopuya Utara.

Reporter: Murliyanti

Komentar