Sam Sachrul Mamonto Resmikan Tugu Perbatasan Antara Kabupaten Boltim dan Kotamobagu

BOGANINEWS , BOLTIM – Bupati Boltim DR.(Cand) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., Rabu (17/1/2024) meresmikan Tugu Perbatasan antara Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), degan Kota Kotamobagu, yang terletak di Desa Moyongkota Baru, Kecamatan Modayag Barat.

Nampak terlihat Bupati Boltim bersama rombongan di jemput secara adat, di perbatasan.

Dalam sambutannya Bupati Boltim mengatakan, tugu yang terletak di batas antara kabupaten Boltim dan Kota Kotamobagu tersebut merupakan salah satu tugu tinggi dan termegah yang berada di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Alhamdulillah telah selesai Tugu Perbatasan wilayah Boltim dan Kotamobagu. Ini mungkin merupakan tugu termegah dan yang paling indah se-BMR. Tunggu ini di desain dengan menambahkan motif-motif budaya Bolaang Mongondow. Tugu ini juga selain penanda batas wilayah juga memiliki taman yang sengaja dibangun di sekitarnya, agar nantinya bisa menjadi salah satu tempat favorit persinggahan masyarakat setempat maupun masyarakat se-BMR yang masuk di Boltim,” ucap Bupati Boltim.

Ia juga menjelaskan bahwa, sebenarnya tugu ini tidak berada tepat di perbatasan antara Boltim dan Kotamobagu yang sebenarnya, tetapi berada 50 meter sesudah titik nol perbatasan antara dua daerah tersebut.

“Tugu ini sengaja dibangun 50 meter sesudah titik nol perbatasan antara Boltim dan Kotamobagu, karena kita telah merencanakan pembangunan taman dan area santai disekitarnya, agar kemudian masyarakat disekitar juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat persinggahan dan tempat usaha,” jelas Sachrul.

Selain itu beber Bupati, ia juga akan melakukan penanaman bunga tabebuya disepanjang jalan desa moyongkota pada pekan depan.

“Perencananya waktu lalu saya telah memesan bibit bunga tabebuya dari luar daerah. Bunga itu sangat mirip dengan bunga sakura di negara Jepang, dan itu akan kita tanam di sapanjang jalan desa Moyongkota, agar nanti ketika bunga itu mekar Boltim akan menjadi destinasi wisata masyarakat BMR, bahkan masyarakat se-Sulawesi Utara,” harap Bupati Boltim.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri mantan wakil bupati Boltim, Drs. Rusdi Gumalangit, Kapolsek Modayag, jajaran Kepala OPD Boltim, Camat Modayag, dan seluruh kepala desa di Kecamatan Modayag Barat. (Advetorial)

Reporter Agung Mokodompit

Komentar