Pemkab Boltim Usulkan Formasi CPNS dan PPPK Tahun Angaran 2024 Berikut Jumlahnya

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna pemenuhan kebutuhan ASN dan penataan penyelesaian tenaga non ASN serta menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), maka Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengusulkan Kebutuhan formasi Calon Aparatur Sipil Negara yakni PPPK sebanyak 722 Formasi, dan CPNS sebanyak 317 formasi tahun anggaran 2024 .

Hal tersebut sesuai degan surat edaran MenpanRB nomor /3540/M.SM.01.00/2023 tanggal 21 Desember 2023 Perihal Usulan Jumlah Kebutuhan ASN Tahun 2024.

“Ini peluang bagi putra-putri daerah untuk mengabdi di daerah nya sesuai dengan disiplin keilmuan masing-masing, juga yang menjadi prioritas utama sesuai amanat Undang-Undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara bahwa tahun 2024 penataan tenaga Non ASN harus diselesaiakan selambat-lambatnya hingga bulan desember tahun 2024 yang artinya Tenanga Non ASN akan diangkat menjadi PPPK bagi yang memenuhi syarat sesuai dengan database BKN pada Pendataan Tenaga Non ASN tahun 2022 yang lalu,” ucap Bupati Boltim.

Menurutnya CPNS dibuka untuk fresh graduate (lulusan baru) dalam rangka pemenuhan kebutuhan ASN di beberapa SKPD yang membutuhkan talenta-talenta digital, data analisis, maupun tenaga Teknis lainnya yang memang sangat diperlukan untuk menunjang pembangunan daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Sementara itu Plt. Kepala BKPSDM Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Abdal Mamonto, S.Sos mengatakan saat ini masih dalam proses pengusulan formasi ke KemenpanRB, setelah itu akan ada penetapan formasi oleh MenpanRB.

“Sesuai surat edaran MenpanRB instansi daerah diberikan waktu hingga tanggal 31 Januari untuk mengusulkan melalui aplikasi e-Formasi KemenpanRB,” ujar Abdal Mamonto Kamis, (11/1/2024).

Lanjut Abdal, Pihaknya masih menunggu Petunjuk Teknis (JUKNIS) yang nantinya akan di tetapkan oleh KemenpanRB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Kami juga masih menunggu beberapa regulasi dan Juknis yang akan dikeluarkan oleh MenpanRB maupun BKN untuk proses dan tahapan seleksi CASN tahun 2024 sebagai guideline bagi instansi daerah” Ujarnya

Abdal menambahkan usulan Kebutuhan Formasi ASN tahun 2024 ini tak luput dari kepedulian Bupati Bolaang Mongondow Timur Dr (c) Sam Sachrul mamonto, S.Sos M.Si kepada Putra Putri Bolaang mongondow Timur.

“Usulan formasi CPNS dan P3K tahun ini merupakan bentuk kepedulian dari Pak Bupati yang sangat memperhatikan putra putri Daerah Boltim” pungkasnya.

 

Reporter Agung Mokodompit

Komentar