81 Desa di Bolsel Terima Pagu Anggaran Dandes dan ADD Tahun Anggaran 2024

BOGANINEWS, BOLSEL- Pemerintah Kabupaten Pemkab Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin, (8/1/2024) menyerahkan pagu Anggaran Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2024 kepada 81 Desa yang ada di Kabupaten Bolsel.

Penyerahan Pagu Anggaran Dandes dan ADD ini diserahkan secara simbolis Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt, MSi dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid kepada para Sangadi se-kabupaten Bolsel yang digelar di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan Tahun 2024 Anggaran Dana Desa meningkat dari tahun sebelumnya. “Tahun anggaran 2024, Dandes yang bersumber dari APBN untuk 81 desa di Kabupaten Bolsel berjumlah kurang lebih Rp. 59,8 milyar, bertambah 0,9% dari jumlah tahun lalu atau sekitar Rp.536 juta,” Kata Bupati.

Dikatakannya, Desa yang menjadi penerima Dandes tertinggi masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Desa Milangodaa Barat, kemudian Momalia Dua di posisi kedua, dan Momalia Satu di posisi ketiga.

Bupati menjelaskan untuk ADD yang bersumber dari APBD berjumlah Rp. 39,9 milyar, yang mana ini tidak ada perubahan pagu dibanding tahun sebelumnya, sementara Desa yang menjadi penerima ADD tertinggi juga masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Desa Popodu.

Ia juga menuturkan bahwa total jumlah dana desa dan ADD di Kabupaten Bolsel pada tahun anggaran 2024 berjumlah kurang lebih Rp.99,8 milyar,

Tak hanya itu, orang nomor satu di bolsel ini berharap agar Dandes dan ADD tersebut dikelola dengan baik. “Mulai per Januari 2024, desa sudah secara penuh menggunakan Siskeudes online. Sistem ini menuntut ketepatan dan kecepatan karena pencatatannya sudah digital, dan dipantau oleh banyak pihak termasuk aparat penegak hukum dan KPK,” Tegasnya.

 

Reporter: Holan Botutihe

Komentar