Pj Walikota Hadiri Rapat Paripurna DPRD Terkait Pembahasan Tiga Ranperda

BOGANINEWS , KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota, Kotamobagu Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si Kamis 30 November 2023 hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Kotamobagu dalam rangka pembicaraan Tingkat II Pengambilan Persetujuan atas Ranperda tentang APBD Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2024, Penetapan Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Penetapan Ranperda Tentang Hari Ulang Tahun Kotamobagu, bertempat di Gedung Cempaka Putih Mogolaing.

Penjabat Wali Kota dalam sambutannya mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kotamobagu Tahun anggaran 2024 ini, juga memuat tentang Rencana Keuangan Daerah digunakan dalam rangka melaksanakan kewenangan Pemerintah Daerah, serta disusun berdasarkan pendekatan penganggaran yang lebih fokus pada Program atau Kegiatan yang terkait langsung dengan Prioritas Daerah, Prioritas Nasional serta memberikan dampak langsung bagi masyarakat dengan pendekatan tugas fungsi Pemerintah Daerah

“Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2024 ini, Pemerintah Kota Kotamobagu juga berupaya menetapkan target capaian, baik dalam konteks Daerah dan Satuan Kerja, serta berbagai kegiatan yang menjadi Target Kinerja Prioritas Pembangunan Tahun 2024. hal ini, dilakukan dalam rangka menjaga konsistensi serta keselarasan program pembangunan serta penyesuaian terhadap kebijakan dari pemerintah provinsi maupun Pemerintah Pusat, dengan tentunya tetap mengoptimalkan sasaran Pembangunan Daerah,” jelas Asripan Nani.

Lanjut Asripan Nani pada Rapat Paripurna ini, juga dilaksanakan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

“Dimana bagi pihak Eksekutif keberadaan Payung Hukum ini menjadi sangat penting karena luas lahan pertanian Pangan berbanding lurus dengan Produksi hasil Pertanian Pangan, sehingga perlu dilindungi dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat di Daerah, serta mengingat hasil produksi pangan merupakan salah satu tumpuan utama perekonomian masyarakat di Kota Kotamobagu. mengingat pentingnya peraturan yang akan mengatur tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di Kota Kotamobagu ini, maka saya atas nama eksekutif dengan ini menyatakan menerima Ranperda Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan,” papar Asripan Nani.

Selain itu kata Asripan pada kesempatan yang berbahagia ini, juga dilaksanakan Penetapan Ranperda tentang Hari Ulang Tahun Kotamobagu.

“Keberadaan Perda tentang Hari Ulang Tahun Kotamobagu ini menjadi sangat penting, karena selain sebagai pengetahuan dan pengakuan akan sejarah daerah juga tentunya akan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, semangat bela negara, jiwa patriotisme, dan cinta akan negara dan daerah. Peraturan Daerah tentang penetapan Hari Ulang Tahun Kota Kotamobagu ini, juga tentunya untuk memberikan kepastian hukum bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Kotamobagu dalam menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Kotamobagu,” pungkas Asripan Nani.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Meiddy Makalalag, S.T., dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Syarifudin J. Mokodongan, S.H., dan Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Herdy Korompot, S.E., para anggota DPRD Kota Kotamobagu, Kapolres Kotamobagu,. AKBP. Dasveri Abdi., S.I.K., perwakilan Forkopimda, Sekda Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta., S.H., M.E., para Asisten, serta pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. (*)

Reporter Agung Mokodompit

Komentar