Limi Mokodompit Buka Jambore Akbar DPD KNPI Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG – Pj Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir Limi Mokodompit MM, Rabu 8 November 2023, membuka secara resmi pelaksanaan jambore akbar pemuda se-Bolmong yang digelar Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bomong bertempat di lapangan olahraga Desa Bolaang Satu, Kecamatan Bolaang Timur.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit mengapresiasi kegiatan jambore yang digelar DPD KNPI Bolmong, mengingat sudah 12 tahun kegiatan seperti ini baru kembali dilaksanakan.

“Ini merupakan awal dan semangat baru bagi pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Bolmong, dimana dari informasi setelah 12 tahun kegiatan ini baru dilaksanakan kembali,” kata Limi.

Oleh sebab itu Limi berharap kegiatan ini dapat dijadikan wahana untuk bersilaturahmi, berbagi pengalaman, saling menukar informasi, sehingga dapat mewujudkan kemandirian, kemajuan, kreatifitas, inovatif dan berdaya saing.

“Jambore pemuda Kabupaten Bolmong merupakan sarana pemuda-pemudi seluruh desa/kelurahan se Kabupaten Bolmong, dimana kegiatan ini untuk mewujudkan pembinaan bagi generasi muda agar dapat mengembangkan potensi diri serta kemampuan dan keberanian, dengan harapan dapat diterapkan di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Limi.

Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit

Ditegaskan Limi, di era globalisasi seperti ini pemuda harus mengasa kemampuan guna mempersiapkan diri menghadapi tantangan global.

“Dengan tantangan global yang semakin pesat seperti saat ini, bisa diatasi dengan ilmu pengetahuan sebagai bekal serta pondasi berbangsa dan bernegara,” ujar Limi.

Limi pun prihatin jika para pemuda zaman sekarang justru terjebak dengan hedonisme dan pragmatisme.

“Saat ini pemuda dituntut harus mempersiapkan semuanya dari sekarang, karena pemimpin di masa akan datang berada di tangan saudara-saudara sekalian,” tegas Limi.

Diungkapkan Limi, dalam peradaban bangsa, pemuda adalah aset mahal yang tak ternilai harganya, sehingga kemajuan atau kemunduran suatu bangsa tergantung pada pemuda yang menjadi tokoh utama dalam peranannya untuk melakukan suatu perubahan.

“Saya berharap lewat jambore ini bisa memperoleh hal-hal positif yang menjadi bekal dikemudian hari,” harapnya.

Dalam opening ceremony jambore DPD KNPI Bolmong ini, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit juga bertindak sebagai pembina upacara.

Pj Bupati Limi Mokodompit didampingi Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit saat menyematkan kartu tanda peserta jambore akbar DPD KNPI Bolmong.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit dalam orasinya mengungkapkan bawah terlaksananya kegiatan jambore ini merupakan program kerja yang sudah direncanakan sejak kepengurusan DPD KNPI Bolmong dilantik.

“Kegiatan jambore akbar ini sebenarnya dari bulan Oktober kemarin, tetapi karena persiapan yang harus matang sehingga harus diundur awal November ini,” jelas Feramitha.

Menurut Feramitha, dipilihnya lokasi ini karena merupakan salah satu tempat yang strategis karena terdapat laut sehingga sekaligus bisa sambil refresing.

Akan tetapi kata Feramtiha, paling utama dalam kegiatan ini terkait tanggung jawab kita tentang kegiatan-kegiatan yang meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas.

“Jadi diharapkan semua berpartisipasi,” pintanya.

Lebih lanjut dikatakan Feramitha, di tengah hiruk pikuk era globalisasi saat ini, kita menyadari bahwa kondisi pemuda-pemudi Kabupaten Bolmong saat ini membutuhkan suntikan gagasan, membutuhkan sokongan idealisme yang kokoh, membutuhkan gagasan baru, pengalaman baru dan suasana baru yang mungkin saja tidak didapatkan dalam pendidikan formal baik di sekolah maupun di perguruan tinggi.

“Jadi dilaksanakan jambore ini bisa menjadi wadah agar teman-teman bisa menyalurkan aspirasi, minat, bakat dan sebagainya,” terangnya.

Selain itu kata Feramitha, tahun 2045 katanya bangsa Indonesia akan memasuki the golden age atau umur keemasan 100 tahun Indonesia merdeka, oleh sebab itu kata Feramitha, kita semua harus memaknai itu sebagai peluang kepemudaan.

“Teman-teman, tahun 2045 memang masing panjang, tetapi persiapan kesiapan teman-teman pemuda saat ini, itu yang harus taman-teman siapkan,” katanya.

“Sebelum tahun 2045, ada tahun 2030 yaitu dimana pemuda-pemudi akan menikmati bonus demografi sebesar 70 persen seluruh Indonesia, dan dimana usia produktifnya itu mencapai 70 persen. Nah teman-teman yang ada di sini yang usianya masih 18-20 tahun adalah masa-masa persiapan untuk menggapai memungkinkan cita-cita di tahun akan datang.”

Tetapi kata Feramitha, persiapan itu harus dimulai dari sekarang, karena kita tidak hanya berharap bantuan orang lain saja tetapi juga harus berdiri di kaki sendiri, berusaha semaksimal mungkin, sebagaimana pemuda itu adalah garda terdepan perubahan bangsa.

“Kedepan pemuda adalah harapan generasi yang akan datang sehingga akan melahirkan calon pemimpin yang berkualitas dan membangun negara dan bangsa khususnya kabupaten Bolaang Mongondow,” katanya.

Diketahui pelaksanaan jambore DPD KNPI Bolmong di lapangan olahraga Desa Bolaang Satu, Kecamatan Bolaang Timur ini akan berlangsung dari tanggal 8-15 November 2023. (Advertorial)

Komentar