Direktur RSUD Bolmut Optimis Penilaian Akreditasi Meraih Hasil Paripurna

BOGANINEWS, BOLMUT – Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan penilaian di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), sebagai bentuk pemenuhan target akreditasi paripurna.

Menurut Ketua Tim Akreditasi Dr. Reiner Polii, RSUD Bolmut bisa bekerja sama dengan Komisi Tim Akreditasi Rumah sakit yang merupakan kakak tertua dari semua lembaga akreditasi yang diakui oleh Kementrian Kesehatan.

“Tim akreditasi akan melakukan penilaian mutu serta kualitas RSUD Bolmut. Kami berharap, RSUD Bolmut kedepan mutu serta kualitas dapat ditingkatkan, dan lebih mendapat kepercayaan masyarakat. Penilaian kali ini lebih fokus pada peningkatan mutu rumah sakit, serta pelayanan bagi pasien yang maksimal. Saya berharap RSUD Bolmut bisa meraih predikat paripurna. Namun untuk meraih predikat itu, bukan hal yang mudah, karena harus mempunyai 15 Pokja akreditasi yang dipenuhi,” papar Polii, Kamis (30/11/2023).

Lanjutnya, 15 Pokja tersebut adalah Sasaran Keselamatan Pasien, Hak Pasien dan Keluarga, Pendidikan Pasien dan Keluarga, Milenium Development Goal’s, dan Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan.

“Kedatangan tim akreditasi independen ini untuk melihat dan mengevaluasi RSUD Bolmut dalam penilaian akreditasi. Tim independen ini juga merupakan anggota KARS yang nantinya akan memberikan penilaian bagi RSUD Bolmut,” akunya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Firlia Mokoagow mengatakan, penilaian ini sudah hari kedua, karena hari pertama tim akreditasi melakukan via zoom yang dilakukan pemeriksaan dokumen. Namun hari ini tim akreditasi melakukan penilaian di setiap ruangan RSUD Bolmut, karena dari hasil pemeriksan dokumen dibuktikan dengan melihat atau turun di lapangan secara langsung.

“Akreditasi ini dilakukan lima tahun sekali. Namun penilaian untuk lima tahun lalu, RSUD Bolmut hanya mendapat bintang satu atau bintang dasar. Saya berharap penilaian kali ini RSUD Bolmut, mendapat hasil bintang lima atau hasil penilaian yang paripurna,” harapnya.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar