Demi Tata Kelola Pemdes, Pj Walikota Buka Kegiatan Penguatan kapasitas dan Fungsi BPD

BOGANINEWS , KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Kamis, 9 November 2023 membuka kegiatan Penguatan Kapasitas dan Fungsi BPD dalam mendukung Tata Kelola Pemerintahan Desa (Pemdes) yang Efektif dan Efisien bagi Ketua dan Anggota BPD SE – Kota Kotamobagu, bertempat di Hotel Quality – Manado.

Wali kota Asripan Nani dalam pertemuan itu mengatakan atas nama pribadi dan Pemeritah Kota Kotamobagu memberi apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini.

“Kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam rangka membangun kapasitas Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa.

BPD memiliki posisi yang sangat strategis dalam rangka Pendampingan, Perencanaan, pengawasan termasuk hak anggaran, inilah juga yang menjadi peran dari BPD dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik,” ucap Asripan Nani.

Lanjutnya menerangkan ada tiga ciri Pemerintahan Desa yang baik. “Pertama adalah transparansi, yang kedua adalah partisipasi, tidak boleh ada kegiatan di desa yang tidak melibatkan masyarakat, harus ada partisipasi dari masyarakat dan yang ketiga dari ciri pemerintahan yang baik adalah akuntabilitas, apa yang direncanakan, dilaksanakan harus dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Asripan.

Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan di Desa juga harus dilaksanakan secara efektif dan efisien serta harus bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang ada di Desa, harus memiliki nilai tambah.

“Misalnya membangun jembatan, dimana jembatan tersebut harus memiliki nilai tambah dan manfaat bagi Masyarakat yang ada di Desa,” ucap Asripan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten 1 Pemerintah Kota Kotamobagu, Nasli Paputungan, S.E., Sekretaris Institut Pengembangan Manajemen Pemerintahan, Priyo Bayu Utomo, Para Ketua dan seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa se – Kota Kotamobagu, serta Para Camat dan Sangadi se – Kota Kotamobagu.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar