Pemkot Kotamobagu Launching Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa Genius di Sekolah Dasar

BOGANINEWS , KOTAMOBAGU – Pj. Wali Kota Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Rabu (11/10/2023), menghadiri sekaligus membuka Launching Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) di Sekolah Dasar Negeri (SDN 3) Kota Kotamobagu tahun 2023.

Kegiatan ini merupakan program hasil kerjasama antara Badan Pangan Nasional dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia.

Pada Kesempatan itu, Pj. Wali Kota Asripan Nani mengatakan pagi hari ini kita hadir di tempat ini, dalam rangka Launching Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa atau Genius.

“Kegiatan ini dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDA), terutama anak usia sekolah yang nanti pada tahun 2045 memasuki usia produktif. Adik – adik siswa adalah generasi masa depan, untuk itu adik – adik harus rajin, harus banyak belajar, harus mendengarkan orang tua dan guru. Maka dari itu, diharapkan anak-anak tidak boleh setiap saat, setiap hari, memegang Hp. Kebutuhan akan Hp diperlukan tapi tidak harus setiap saat. Kami berharap anak-anak ini memiliki masa depan yang lebih gemilang di masa yang akan datang,” ujar Asripan Nani.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kotamobagu, Piter Suli menuturkan berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2022, ada sebanyak 26,1 persen anak usia sekolah tidak sarapan pada saat ke sekolah.

“Jika anak anak kita ke-sekolah dan tidak sarapan, maka kondisi ini akan berpengaruh kepada konsentrasi dan kecerdasan otak anak usia sekolah yang akan berakibat pada penurunan prestasi belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, pada tahun 2023 Badan Pangan Nasional, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Kotamobagu melaksanakan kegiatan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas SDM Generasi Emas di tahun 2045,” jelasnya.

“Lanjutnya mengingat pentingnya peran pemenuhan gizi, maka pemberian pangan bergizi pada kegiatan Genius untuk siswa sekolah dasar ini akan dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu selama kurun waktu 2 bulan ke depan.

“Kegiatan ini juga disertai dengan edukasi pangan dan gizi. Pemberian pangan bergizi dilakukan dengan makan bersama,” ucap Piter Suli.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Royke Kasenda, Asisten II Pemerintah Kota Kotamobagu, Adnan.S.Sos., M.Si , Asisten 3 Pemerintah Kota Kotamobagu, Moch.Agung Adati S.T., M.Si., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kotamobagu, Piter Suli, S.Pt., Kepala Dinas Pendidikan Kotamobagu., Aljufri Ngandu S.Pd., para Kepala Sekolah, Guru, serta Orang Tua Siswa.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar