DPRD Bolmut Gelar Paripurna Ranperda Tahun 2024

BOGANINEWS, BOLMUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Jumat (13/10/2023) menggelar rapat paripurna, dalam rangka penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024.

Rapat paripurna yang dilaksanakan di gedung DPRD tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmut Frangky Chandra, yang didampingi oleh Wakil Ketua Salim Bin Abdulah dan Wakil Ketua Saiful Ambarak.

Dalam paripurna itu, Ketua DPRD menjelaskan, arah belanja prioritas APBD tahun 2024, akan fokus pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat Bolmut pada umumnya.

“Kebijakan belanja daerah tetap diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Bolmut, yang menyentuh langsung kebutuhan dasar masyarakat. Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2024, merupakan salah satu momentun yang sangat penting, serta mempunyai nilai strategis pada tugas-tugas DPRD,” jelas Frangky.

Lanjutnya, setelah melawati beberapa proses serta tahapan penting dalam penyusunan Ranperda APBD tahun 2024 yang mencakup Rancangan Pendapatan, Rancangan Belanja, Rancangan Pembiayaan Daerah, maka tetap akan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 dan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Platon Anggaran Sementara (PPAS) yang telah disepakati bersama.

“Semangat kebersamaan dan komitmen yang tinggi antara DPRD dan Pemda Bolmut menjalin sinergitas yang kuat untuk bersama-sama, dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab dalam memajukan daerah dalam memberikan kehidupan yang nyaman, aman, adil dan sejahtera bagi masyarakat Bolmut,” terangnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, mengaku untuk mewujudkan pelaksanaan pembangunan yang adil dan merata, serta penyelengaraan pemerintahan yang mengedepankan transparan dan akuntabel, sehingga tercipta good govermance sebagai tanggung jawab bersama.

“Untuk itu sangat dibutuhkan komitmen dan kerja sama antara eksekutif dan legislatif, dalam peningkatan pembangunan di Bolmut,” kata Lasena.

Dikatakannya, seluruh masyarakat sedang menunggu apa yang akan dilakukan pada pembangunan tahun 2024.

“Tapi kita harus mengakui kemampuan anggaran kita masih terbatas, serta tidak semua usulan atau kebutuhan dapat terakomodir secara keseluruhan,” ucap Sirajudin.

Diketahui, hadir dalam paripurna tersebut diantaranya, anggota DPRD Bolmut, Sekertaris Daerah (Sekda) Kapolres Bolmut, Asisten 1, Asisten II, Pimpinan OPD, para Camat dan Staf Khusus Bupati. (Advertorial)

Komentar