Wajib Tahu! Inilah 3 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Tulang

BOGANINEWS, BOLMONG – Semakin tinggi kepadatan tulang Anda maka semakin kuat tulang Anda. Untuk itu menjaga kesehatan tulang sangatlah penting. Hal ini guna menghindari risiko seperti patah tulang hingga osteoporosis.

Namun untuk menjaga kesehatan tulang Anda, sebaiknya Anda juga harus mempertimbangkan penambahan beberapa suplemen yang baik untuk kesehatan tulang Anda.

Meski susu sapi dipercaya menjadi sumber beberapa vitamin dan mineral bagi kesehatan tulang Anda, apa salahnya jika Anda juga mempertimbangkan penambahan beberapa suplemen lainnya.

Apalagi seiring bertambahnya usia, tubuh Anda akan kehilangan kepadatan tulang. Dalam studi kasus, wanita bisa kehilangan 20% kepadatan tulangnya hanya dalam waktu lima hingga tujuh tahun setelah mengalami menopause.

“Beberapa penyebab umum hilangnya kepadatan tulang termasuk usia, gaya hidup, dan kesehatan secara keseluruhan,” Dalton, ahli diet berbasis GA Trista Best, MPH, RD, LD, dari Balance One Supplements sebagaimana dikutip dari Thehealthy.

Menurut Best, tingkat kepadatan tulang dapat dilakukan melalui pola makan, suplemen, dan kebiasaan gaya hidup.

Best juga menunjukkan bahwa penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menganggap mengintegrasikan obat resep (atau bahkan pembedahan) mungkin bijaksana, tergantung pada seberapa banyak kepadatan tulang yang hilang.

“Obat-obatan, termasuk bifosfonat dan denosumab, biasanya diresepkan untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang pada penderita osteoporosis atau kondisi lain yang mempengaruhi kesehatan tulang,” kata Best.

Akan tetapi seperti obat resep, suplemen lebih mudah diperoleh tanpa resep dan dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang Anda (tergantung pada rekomendasi penyedia layanan kesehatan berlisensi untuk Anda).

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memperkuat kesehatan tulang Anda, berikut adalah suplemen terbaik untuk kesehatan tulang Rekomendasi terbaik yang dapat Anda tanyakan.

Vitamin D

Menurut Best, vitamin D adalah kunci untuk menjaganya tetap kuat. Vitamin ini diperlukan untuk penyerapan kalsium dan mineralisasi tulang , yang pada gilirannya bermanfaat bagi kepadatan tulang.

Namun, kekurangan vitamin D dapat dengan mudah terjadi jika Anda tidak mendapatkan cukup sinar matahari atau mengonsumsi makanan kaya vitamin D. Di sinilah suplemen berperan.

“Jika Anda dipastikan mengalami kekurangan vitamin D, mungkin bermanfaat untuk memasukkan suplemen vitamin D ke dalam pola makan Anda,” kata Best.

“Mereka yang berisiko kekurangan vitamin D, karena kurangnya paparan sinar matahari atau pola makan nabati, dapat memperoleh manfaat dari suplemen vitamin D untuk membantu kesehatan tulang,” lanjutnya.

Meski begitu kata Best, seseorang bisa keracunan vitamin D jika mengonsumsinya terlalu banyak.

“Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, ia bisa menjadi racun—yang berarti Anda harus selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menambahkannya ke rutinitas vitamin Anda,” jelasnya.

Kalsium

Vitamin D dan kalsium berjalan seiring. Itu sebabnya bagi sebagian orang, suplemen kalsium mungkin diperlukan guna meningkatkan angka kepadatan tulang.

“Pola makan yang kaya kalsium dan vitamin D, serta potensi suplementasi nutrisi ini, dapat membantu mencegah pengeroposan tulang dan berpotensi memulihkan kepadatan tulang yang hilang,” kata Best.

Kalsium merupakan mineral yang bertanggung jawab untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan gigi . Kalsium juga bermanfaat untuk pembekuan darah, serta berfungsinya otot, jantung, dan hati Anda.

Kalsium disimpan di dalam tulang, dari situlah angka kepadatan tulang seseorang berasal. Namun, karena tubuh membutuhkan kalsium untuk fungsi lain, tubuh akan melepaskan simpanan kalsium tersebut ke dalam darah dan jaringan saat dibutuhkan. Inilah sebabnya mengapa mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang tetap dalam makanan—serta suplementasi, jika direkomendasikan oleh dokter—sangat penting untuk berfungsinya organ tubuh Anda (dan kekuatan tulang Anda).

Tunjangan Diet yang direkomendasikan (RDA) untuk kalsium untuk wanita dan pria berusia 19 hingga 50 tahun adalah 1.000 miligram per hari, dan meningkat menjadi 1.200 miligram sehari setelah usia 51 tahun.

Hal ini karena kepadatan tulang Anda menurun lebih cepat seiring bertambahnya usia, kebutuhan Anda akan kalsium meningkat.

Solusi terbaik adalah mendapatkan kalsium dari sumber makanan seperti produk susu, sayuran berdaun hijau tua, ikan dengan tulang lunak yang dapat dimakan, dan makanan yang diperkaya kalsium.

Namun perlu diingat, kelebihan kalsium dalam darah (dikenal sebagai hiperkalsemia), pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum menambahkan suplemen kalsium ke dalam menu makanan Anda.

Fosfor

Menurut Best, meski kalsium dan vitamin D mungkin tampak seperti suplemen yang jelas untuk kesehatan tulang, namun suplemen fosfor juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang.

“Fosfor juga sama pentingnya, namun hanya mendapat sedikit perhatian karena pengaruhnya terhadap kekuatan tulang,” jelasnya.

Menurutnya, mineral ini penting untuk kesehatan tulang, penting dalam mengatur metabolisme kalsium.

“Metabolisme kalsium mengacu pada proses dimana tubuh menyerap, mengangkut, dan memanfaatkan kalsium, mineral yang penting untuk berbagai fungsi fisiologis, termasuk kesehatan tulang,” terangnya.

Namun kata Best, suplemen fosfor dalam dosis yang tepat dianggap aman untuk dikonsumsi perlu dalam profesional kesehatan.

Diungkapkannya, beberapa sumber fosfor yang bisa Anda peroleh dari makanan Anda seperti produk susu, daging, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

“RDA untuk fosfor adalah 700 miligram sehari untuk pria dan wanita di atas usia 19 tahun. Sebagai gambaran, konsumsi 3 ons. Satu porsi ikan salmon mengandung 214 miligram fosfor dan satu cangkir susu sapi mengandung 224 miligram,” paparnya.

Editor: Sutrisno Tola

Komentar