Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, Disambut dengan Adat

BOGANINEWS, BOLMUT – Sehari setelah dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sirajudin Lasena langsung menuju Bolmut.

Rombongan Penjabat Bupati Bolmut ini disambut gembira oleh masyarakat yang sudah menunggu sejak pukul 10:00 WITA di perbatasan Kabupaten Bolaang Mongondow dan Bolmut, Selasa (26/9/2023).

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalan dan disetiap titik wilayah disambut masyarakat dengan penuh antusias, karena Pj Bupati salah satu orang yang dekat dan tidak mempunyai sekat dengan masyarakat.

Setibanya di Kantor Bupati, Pj Bupati disambut dengan prosesi adat dengan diawali kata-kata adat dan dilanjutkan dengan tarian Tingulu sebagai bentuk penjemputan pejabat daerah.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena mengatakan, setelah berakhir masa pemerintahan Depri Pontoh dan Amin Lasena, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menunjuk dirinya sebagai Pj Bupati Bolmut.

“16 tahun saya bergelut pada sistem pemerintahan. Namun menjadi pemimpin apalagi Pj Bupati, itu adalah hal yang baru. Maka saya berharap kepada seluruh elemen masyarakat, agar dapat bersama-sama serta membantu dalam menjalankan roda pemerintah Bolmut hari ini sampai saya selesai menjalankan tugas,” pintanya.

Lanjutnya, ia tidak hanya sekedar menjalankan roda pemerintahan, namun mempuyai tugas serta tanggung jawab yang berat yang pertama kali ia emban. Perioderisasi hanya orangnya yang berganti namun sistemnya tetap sama, maka pembangunan yang sudah ada akan ditingkatkan dan yang kurang akan diperbaiki.

“Ada tiga tugas Saya sebagai Pj Bupati Bolmut yakni, percepatan penurunan stunting, percepatan secara masif angka kemiskinan, peningkatan bidang kesehatan dan pendidikan. Saya butuh dukungan dan support terlebih tokoh agama, tokoh masyarakat, seluruh OPD, steke holder, lebih khusus masyarakat Bolmut. Apabila saya salah, maka wajib hukumnya ditegur oleh orang-orang tua saya atau senior saya. Hal ini untuk lebih meningkatkan pelayanan serta pembangunan di Bolmut,” terang Lasena.

Diketahui, turut hadir pada penjemputan Pj Bupati Bolmut diantaranya, Wakapolres Bolmut, Sekda Bolmut, Asisten I, Asisten II, Asisten III, Pimpinan OPD, aliansi adat, para Camat, Kepala Desa dan insan Pers.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar