Pemdes Jiko Belanga Ikuti Pelatihan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa

BOGANINEWS , BOLTIM – Sangadi dan perang Desa Jiko Belanga Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), ikuti pelatihan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Kegiatan yang digelar oleh Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) melalui Direktorat Jendral Bina Pemerintah Desa dibuka oleh Inspektur Jendral (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir Balaw yang mewakili Mentri Dalam Negri melalui via Zoom, Kamis 21 September 2023.

Dalam Sambutanya, Tomsi mengatakan pentingnya Bimtek ini guna memperoleh pengetahuan dan skil dalam menunjang tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan Desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

“Melalui pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan serta mempercepat serapan APBDes dengan prioritas kegiatan yang mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa. Meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang responsif, estraktif, regulatif, distributif dan kolaboratif serta senantiasa untuk tidak melanggar larangan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya Sangadi, aparatur dan pengurus kelembagaan desa, agar bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan memahami materi-materi, agar nantinya bisa di implementasikan di desa masing-masing untuk memajukan desa.

Senada yang dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Boltim, Rahman Hulalata mengatakan, ada 79 Desa, yang ikut dalam pelatihan ini terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa.

“Jadi ada 4 utusan di setiap desa,” kata Hulalata ketika ditemui media ini di Hotel Sintesa Peninsula Manado saat memonitoring para Sangadi dan perangkat desa yang sedang mengikuti pelatihan.

“Masih ada 2 desa yang belum ikut, yakni Desa Togid dan Desa Molobog Timur, nanti akan diikutkan pada gelombang berikutnya,” tutur Hulalata.

Diketahui Kegiatan Pelatihan Bimbingan Tekhnis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa yang di gelar oleh Kemendagri, berlangsung selama 3 hari, sejak Kamis 21 September hingga Sabtu 23 September 2023, diikuti sebanyak 79 Kepala Desa (Sangadi) se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Sementara itu Kepala Desa Jiko Belanga Seprianto J Matuak mengatakan aparatnya telah mengikuti pelatihan bimtek ini selama 3 hari di Manado.

“Kegiatan Pelatihan Bimbingan Tekhnis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa yang di gelar oleh Kemendagri, berlangsung selama 3 hari. Kami antusias mengikutinya, ini penting demi peningkatan kinerja aparatur desa,” ujarnya.

 

Reporter: Agung Mokodompit.