Pasien Tidak perlu Antri, Ini Cara Mendaftar Online Masuk RSUD Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Angka Pasien yang datang berkunjung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kota Kotamobagu di akhir tahun makin membludak.

Dari pantauan media ini, beberapa Minggu ini, jumlah antrian pasien yang datang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan juga yang akan berobat mengalami peningkatan.

Hal itu membuat pihak Tim Medis atau tenaga kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu kewalahan menangani pasien yang berdatangan untuk memeriksa kesehatan hingga mengantri resep obat-obatan.

Dirut RSUD Kotamobagu, Fernando M. Mongkau, S.Kep, Ns, M.Kes pada Media ini Selasa (26/9/2023) mengaku ada lonjakan pasien yang datang ngantri dan berkunjung untuk pemeriksaan kesehatan.

“Untuk memudahkan masyarakat dan Pasien yang akan berkunjung untuk pemeriksaan juga pengobatan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kota Kotamobagu telah melakukan trobosan pendaftaran pasien secara online. Namanya Aplikasi SIMPEL RSUD Kotamobagu dapat di download lewat play store atau klik di https://simrs.kotamobagukota.go.id/download/rsud.apk, atau di google crome di alamat https://simrs.kotamobagukota.go.id/,” jelas Fernando.

untuk mengakses layanan tersebut, masyarakat cukup mengakses aplikasi JKN Mobile yang bisa di download lewat play Store atau app Store.

“Sangat mudah dan praktis karena hanya dengan menggunakan Android, masyarakat sudah bisa mengakses layanan pendaftaran pasien rawat jalan tanpa harus datang langsung dan mengantri di loket pendaftaran

“Untuk memudahkan masyarakat agar tidak antri pemeriksaan kesehatan, kami telah menyediakan pendaftaran secara online, hanya degan mengunjungi situs resmi kami, masukan nomor KTP, BPJS. Nah masyarakat bisa mengakses situs resmi kita, bisa cek jadwal dokter, bisa pendaftaran tanpa ribet untuk antriannya,” ujarnya.

Kata dia, trobosan Ini kami lakukan untuk menekan angka antrian pasien.

“Masyarakat bisa cek jadwal memilih waktu untuk datang memeriksa kesehatan, seperti pemeriksaan penyakit dalam, Pasien bisa cek hari, jam dan jadwal dokter, semisalnya akan melakukan pemeriksaan bulan depan bisa cek jadwalnya atau mendaftar sesuai pilihan masyarakat. Kami juga selalu mengumumkan info ini, dan memberikan totorial cara pendaftaran online, untuk pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Berikut cara mengakses pendaftaran pelayanan rawat jalan secara online melalui aplikasi JKN Mobile:

  1. Pastikan telah mendownload aplikasi JKN Mobile lewat play Store atau app Store di hand phone;

  2. Pilih pendaftaran pelayanan;

  3. Pilih Faskes rujukan tingkat lanjut lalu pilih RSUD Kotamobagu;

  4. Pilih tanggal rencana kunjungan pemeriksaan lalu pilih dokter tujuan;

  5. Pastikan data sudah benar, lalu klik daftar pelayanan;

  6. Setelah muncul kode booking, screenshot dan tunjukkan kepada petugas RSUD saat jadwal kunjungan.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar